Tahfidz Quran di Pesantren Gontor

Tahfidz Quran di pesantren Gontor selalu menjadi pertanyaan ke redaksi kami. Karena tren sekarang adalah pesantren dihiasi tahfidz beberapa juz. Sedangkan Gontor dikenal sebagai pondok pesantren modern. Bukan pesantren tahfidz Quran semacam Darul Hikam Tahfidz Mojokerto. Oleh sebab itu bagaimana tahfidz Quran di pesantren Gontor akan dijelaskan oleh redaksi pesantrentahfidzquran.com

Pendidikan Al Quran di Pesantren Gontor

Tahfidz Quran di Pesantren GontorDi Gontor setiap santri harus sudah bisa membaca al Quran sejak masuk pondok pesantren. Sehingga kalau ada calon santri yang belum bisa baca Quran belum diluluskan untuk masuk pesantren. Karena pendidikan Quran di pesantren Gontor bukanlah mengajarkan membaca tapi lebih kepada tahsin (memperbagus) dan pembiasaan membaca.

Untuk keseharian, membaca Quran diwajibkan selepas Subuh, Ashar, menjelang dan selepas Magrib. Masing-masing harus membaca Quran bersama-sama dalam jangka waktu sekitar 15-20 menit. Tanpa dibimbing, hanya diawasi. Artinya hanya pendidikan pembiasaan saja.

Sedangkan untuk pembelajaran al Quran di Gontor diadakan di kelas-kelas melalui ustadz. Ada jam pelajaran khusus untuk pelajaran pendidikan al Quran. Dan setiap ujian tengah semester dan akhir semester selalu ada ujian al Quran. Pada aspek ini belum ada unsur tahfidz Quran di pesantren Gontor.

Ekstrakulikuler Pendidikan Al Quran di Gontor

Adapun untuk ekstrakulikuler di Gontor terkenal dengan penyediaan yang sangat lengkap. Hampir di semua bidang tersedia. Dari olah raga, olah jiwa, olah rasa, sampai olah pikir. Ada sepakbola, ada melukis, menulis, dan ada pendidikan ekstra Al Quran.

Pendidikan ekstra al Quran banyak macamnya. Ada yang percepatan perbaikan al Quran, tahsin. Ada yang pendidikan membaca Al Quran dengan indah, mujawwadah. Satu lagi adalah tahfidz al Quran. Oleh sebab itu tahfidz Quran di pesantren Gontor juga tersedia, namun polanya adalah ekstra. Yaitu Jam’iyyatul Qura’.

Biasanya diadakan selepas magrib di masjid. Sedangkan untuk menghafalnya setiap santri dibebaskan. Ada yang menggunakan waktu membaca al Qurannya untuk tahfidz. Selanjutnya disetor selepas magrib kepada musrif atau mudabbir.

Sehingga tidak ada yang namanya kelas satu sudah menghafal sekian juz. Kelas dua sekian juz. Hal ini dikarenakan disain pendidikan di Gontor memang tidak mengarah khusus ke tahfidz Al Quran.

Hafalan Al Quran Wajib di Pesantren Gontor

Namun demikian di pesantren Gontor ada hafalan yang wajib di miliki oleh santri Gontor. Di antaranya adalah juz Amma. Ayat hukum-hukum dari al Quran. Dan beberapa surat pilihan semacam Al Waqiah dan beberapa surat al Quran lainnya. Inilah tahfidz Quran di pesantren Gontor yang wajib dimiliki.

Oleh sebab itu meskipun Gontor bukanlah pesan tahfidz Quran, namun ada beberapa yang wajib dihafal oleh santri-santri. Inilah ulasan dari website pesantren tahfidz Quran tentang tahfidz Quran di Gontor, salah satu pesantren yang dikenal sebagai pesantren terbaik di Indonesia.

Baca selanjutnya tentang Fasilitas di Pesantren Gontor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *