Tahfidz Quran di Al Hikmah Boarding School Batu

Tahfidz Quran di Al Hikmah menjadi salah satu aspek menarik yang dicari calon pelajar. Dengan slogan Today’s Learners Tomorrow’s Leaders, maka pendidikan di Al Hikmah memiliki penekanan bagaimana menjadi pemimpin di era masa depan. Namun demikian tahfidz Quran menjadi elemen penting dalam proses penyiapan siswa berjiwa pemimpin.

Al Quran menjadi hal wajib bagi calon siswa yang ingin masuk di Al Hikmah Boarding School. Filosofinya adalah, setiap pemimpin harus memahami dasar-dasar hukum dan kebijaksanaan. Sedangkan sumber kebijaksanaan berada pada al Quran.

Oleh sebab itu disain tahfidz Qurannya pun sedikit berbeda. Ada kajian dan beberapa kewajiban untuk memahami isinya. Sehingga tidak hanya menghafal saja, namun lebih jauh dari sekadar itu. Kami jelaskan lengkapnya program tahfidz Quran di Al Hikmah.

Seleksi Membaca Al Quran

Dari awal siswa sudah disaring dalam hal membaca al Quran. Bahkan orang tua pun diminta sedikit membaca Al Quran. Fungsinya adalah, sekolah akan mengetahui pola sentuhan pendidikan orang tua kepada siswa dan pendekatan spiritual.

Jika masih belum bagus ada penyikapan sendiri terhadap calon siswa tersebut. Jika pun sudah bagus akan tetap ada pembekalan sebelum menuju agenda tahfidz Quran. Pemantapan atau biasa disebut dengan tahsin.

Di Al Hikmah program pembinaan awal disebut dengan tartil Al Quran. Isinya adalah pendidikan tentang huruf, sifat huruf, dan kaidah-kaidah tajwid agar bisa mudah membaca Al Quran. Sehingga setiap siswa tidak langsung menghafal, ada proses pemantapan yang harus dilalui.

Waktu Menghafal Al Quran di Al Hikmah

Program tahfidz Al Quran akan dilakukan selepas shalat maghrib berjama’ah. Adapun waktu lain yaitu selepas shalat subuh pada hari Sabtu. Dua waktu ini hampir di semua lembaga pendidikan digunakan sebagai waktu terbaik menghafal al Quran.

Sedangkan durasinya, selepas shalat subuh dari pukul 04.20-05.40, satu jam lebih dua puluh menit. Menurut kami sangat cukup. Sedangkan selepas magrib dilakukan pukul 18.00-18-45. Tentu saja pelaksanaannya dengan pendampingan dari guru Al Hikmah Boarding School Batu.

Yang unik adalah jumlah pencapaian setiap siswa bisa tidak sama dari waktu menghafal yang sudah ditetapkan. Bisa salah satu lebih banyak dibandingkan yang lain. Itu di Al Hikmah tidak masalah. Karena ada standard minimum yang dihafalkan.

tahfidz quran di Al Hikmah Boarding Batu

Jumlah Hafalan Al Quran di Al Hikmah

Di SMA Al Hikmah, meskipun durasi pendidikan berlangsung selama 3 tahun, namun ada beberapa target berbeda yang ditetapkan dalam menghafal al Quran. Jumlahnya tujuh program. Paling rendah adalah menghafal al Baqarah selama 3 tahun atau sekitar 2 juz. Sedangkan paling maksimal adalah 30 juz.

Tujuh program itu adalah menghafal 5 juz, 10 juz, 15 juz, 20 juz, 25 juz, dan 30 juz. Semua memiliki konsekuensi menghafal. Jika dalam tiga tahun harus menghafal 10 juz, maka setiap hari akan dijadwal untuk menghafal 6 baris.

Dalam sudut pandang kami, dengan kegiatan penuh seperti SMA Al Hikmah Boarding School, menghafal lebih dari 15 juz cukup sulit. Terutama karena waktu yang disisihkan untuk menghafal tidak sebanyak untuk menghafal seperti layaknya di pesantren tahfidz Quran. Artinya dalam sudut pandang kami maksimal siswa mampu menghafal sekitar 15 juz dalam jangka waktu tiga tahun.

Yang Berbeda dari Tahfid Quran di Al Hikmah

Menurut kami yang sudah pernah berkunjung beberapa kali di Al Hikmah, ada beberapa kelebihan yang menjadi identitas pendidikan di Al Hikmah. Yaitu mekanisme menghafal. Di Al Hikmah setiap siswa didahulukan mengafal Al Baqarah.

Setelah kami tanyakan mengapa demikian, ternyata yang ada di dalam surat al Baqarah mengandung banyak ilmu pengetahuan. Al Hikmah menjadikannya sebagai dasar pengetahuan alam dan pengetahuan sosial. Sehingga pembelajaran di kelas berjalan berlandaskan al Quran. Menurut saya ini yang istimewa.

Siswa al Hikmah tidak hanya dituntut untuk menghafal, tapi juga memahami isi melalui kajian tafsir dan kajian yang disampaikan oleh ustadz. Hasilnya setiap siswa tidak hanya menghafal, tapi juga paham akan isinya.

Oleh sebab itu tahfidz Quran di Al Hikmah Boarding School bisa dikatakan bukan sekadarnya saja. Namun menjadi unsur utama penunjang kurikulum pendidikan secara keseluruhan. Oleh sebab itu meskipun secara jumlah sedikit, namun secara kedudukan sangat elementer.

Semua kembali kepada Anda sebagai calon pengguna. Review lengkap tentang al Hikmah bisa dilihat di sini.  Atau jika ingin bertanya sesuatu menghubungi, +628113007055 (Call and WA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *