SMK Tahfidz Quran di Lamongan – Jawa Timur

SMK Tahfidz Quran tidak banyak hadir di Indonesia, umumnya pesantren tahfidz Quran adalah untuk jenjang SMP hingga SMA. Namun demikian kami menemukan hal yang berbeda di Jawa Timur. SMK Tahfidz Quran di Lamongan.

SMK ini sangat sederhana, tidak mewah, cenderung biasa. Bermodel seperti pesantren salaf. Ada yang pulang dari sekolah SMK, istilahnya santri kalong, ada juga yang mukim, atau tinggal di pesantren. Nah, yang tinggal di pesantren inilah yang menurut kami istimewa, terutama yang mengenyam jenjang pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan.

SMK Pesantren Darma Plus

Sekolah menengah kejuruan berarti sekolah yang menyiapkan siswanya untuk bisa diserap dalam dunia kerja secara langsung. SMK ini pun demikian. Namanya SMK Darma Plus Lamongan. Plus di sini maksudnya adalah plus pesantren dan tahfidz Quran.

SMK Pesantren Tahfidz Quran yang satu ini memiliki basis pesantren, yaitu pesantren Darul Ma’arif yang berdiri pada tahun 1940. Cukup tua, termasuk yang dihormati di wilayah sekitara Solokuro Lamongan. Didirikan oleh KH. Abdurrohman Mustofa, pesantren ini memiliki basis pendidikan salaf.

Seperti layaknya pesantren di Jawa Timur, Pesantren Darul Ma’arif sebagai rumah SMK Darma Plus memiliki pola pendidikan mengaji bersama kyai dalam kitab-kitab kuning, seperti kitab Jawahirul Kalamiyah (Aqidah). Juga kitab lain. Bahkan diwajibkan bisa membaca kitab fathul qarib dengan maknanya.

3 Jurusan Utama

Jurusan yang terdapat di pesantren ini cukup bagus untuk menghadapi tantangan kebutuhan sumber daya manusia di masa depan. Fokusnya adalah 3 jurusan utama. Yaitu, pemrograman, mekanik, dan pemasaran, atau entreupeneur.

Dalam sudut pandang kami, dari tiga jurusan ini, paling menonjol pada dua program, Pemrograman, dan mekanik (motor). Dua program ini memang menjadi kebutuhan dunia kerja secara luas. Pemrograman menjadi inti dari perkembangan dunia informasi. Mekanik menjadi inti dari perkembangan otomotif.

Di SMK Darma Plus, Anda memang tidak akan belajar secara mendalam pemrograman, tapi pondasinya cukup bagus. Bahkan lulusannya sudah diterima di PT. Pelindo III Surabaya sebagai programmer, Rizki, 2013.

Adapun untuk mekanik, SMK dengan luas 5.500 m2 ini cukup bagus dengan pola kerjasama resmi dengan Bengkel Honda, Yamaha, dan Suzuki. Sehingga mereka fokus pada praktek, bukan teoritis. Sayangnya tidak banyak yang mengetahui SMK Tahfidz Quran ini. Padahal mampu menghasilkan SDM berkualitas penghafal Quran.

SMK Pesantren Tahfidz Quran

Di SMK Pesantren Tahfidz Quran ini ada beberapa program tahfidz Quran yang bisa menjadi pilihan. Pertama adalah program cepat hafal satu tahun. Dengan metode, empat bulan pertama 10 juz, empat bulan kedua 20 juz, dan empat bulan selanjutnya 30 juz.

Namun dalam sudut pandang kami, hal ini tidak mudah dilakukan bagi yang mengikuti pendidikan formal di SMK Pesantren Darma Plus.

Justru program pesantren tahfidz Quran yang regular bisa menjadi pilihan. Yaitu satu tahun menghafal 10 juz. Tahun kedua, 10 juz lagi, dan tahun ketiga juga demikian. Sehingga dalam 3 tahun, atau semasa mengenyam pendidikan di SMK, hafalan sebanyak 30 Juz bisa diselesaikan.

Caranya cukup mudah. Anda sebagai siswa sekaligus menjadi santri di pesantren ikuti pendampingan Pengasuh yang ternyata tinggal di gedung yang sama dengan asrama. Menyatu juga dengan mushalla. Sehingga pada akhirnya tahfidz Quran menjadi tidak sulit.

Program Pendidikan Kitab Kuning

SMK Tahfidz Quran ini diasuh oleh KH. Ahmad Rofie’, alumni Ponpes Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang. Dari kyai inilah unsur-unsur kepesantrenan menjadi cukup istimewa.

Terutama dalam aspek kajian keilmuan kitab kuning. Beberapa kitab yang harus dikhatamkan adalah Jawahirul Kalamiyah untuk Aqidah, dan Ta’limul Muta’allim untuk akhlaq, juga Sittiina Mas’alah untuk Fiqh.

Dengan pendidikan kajian inilah SMK Darma Plus memiliki keunggulan dalam penyiapan tenaga kerja, namun berakhlaq dan hafidz Quran. Bahkan di bulan Ramadhan, siswa bisa menjadi imam di masjid besar yang mengkatamkan 30 Juz Al Quran.

Pesantren Tahfidz Quran Murah

Nah, salah satu kelebihan dari SMK Darma Lamongan adalah biayanya yang sangat murah. Mungkin karena ingin menjangkau seluruh lapisan masyarakat, maka biayanya ditekan. Untuk pendaftaran saja hanya Rp. 950.000.

Biaya tersebut sudah termasuk asrama dan pendidikan di SMK.

Sedangkan biaya bulanan sebesar Rp. 550.000. Biaya ini sudah termasuk makan 3 kali dan biaya pendidikan formal di SMK yang terletak di Lamongan ini.

Namun satu hal yang harus menjadi perhatian, SMK Pesantren Tahfidz Quran ini tidak memiliki fasilitas yang mewah. Khas seperti pesantren-pesantren pada umumnya. Di tempat ini yang ada ilmu dan kyai. Untuk fasilitas kami rekomendasikan di tempat pendidikan yang lain.

Hubungi SMK Darma Plus Lamongan

Jika Anda ingin mendaftar SMK Darma Plus, hubungi nomor 0856-0446-0517, ustadzah Eli. Di nomor ini Anda bisa komunikasi via whatsapp, juga bisa telepon. Bahkan jika ingin bertanya-tanya dipersilakan dan akan diterima dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *