Silabus Tahfidz Quran Darul Hikam

Jika ingin mengetahui bagus tidaknya lembaga pendidikan, maka kita bisa melihat dari kurikulum yang digunakannya. Adapun jika lembaga tersebut menangani pendidikan tertentu seperti tahfidz Quran, maka kita harus melihat dari silabus tahfidz Quran.

Kali ini kita akan membahas silabus tahfidz Quran di pesantren Darul Hikam Mojokerto Jawa Timur.

Pesantren-pesantren tahfidz Quran baik di Jawa Timur atau di Indonesia, seringkali mengiklankan betapa cepat santrinya mampu menghafal Quran. Hanya dengan enam bulan mampu menghafal Quran, atau hanya dengan satu tahun sudah hafal 30 Juz Al Quran.

Darul Hikam Tahfidz Quran Khusus Putri

Darul Hikam Tahfidz Quran justru berbeda. Pesantren tahfidz Quran eksklusif khusus putri ini tidak menjanjikan kecepatan, tapi waktu yang ditempuh standard adalah 3-5 tahun untuk berhasil menghafal satu al Quran. Kami pun heran kenapa bisa demikian.

Ketika kami konfirmasi ke pimpinan pesantren, Kyai Masruhan Choteb menjelaskan, “Menghafal itu mudah, tapi hafalannya benar-benar tertanam harus membutuhkan metode.”

Oleh sebab itu jika ada yang bisa menghafal dalam 6 bulan sampai 12 bulan bisa hafal, itu memang benar. Tapi tentang kualitas hafalan tidak bisa terjamin. Darul Hikam justru mementingkan kualitas hafalan itu, bukan kecepatannya. Inilah kelebihan silabus tahfidz Quran Darul Hikam.

Mementingkan Kualitas Hafalan Al Quran

Kami pun penasaran. Kami melihat silabusnya dengan detil dan terpecah menjadi 4 tahun. Paling cepat adalah tiga tahun. Kualitas orang juga mempengaruhi. Kualitas membaca Al Quran ketika masuk ke pesantren juga memiliki pengaruh yang sangat besar.

Jika belum lancar, maka bisa membutuhkan waktu tambahan hingga 3-5 bulan. Tidak diperbolehkan santri menghafal dalam keadaan kualitas bacaan yang biasa. Harus sudah layak menghafal. Rata-rata pesantren juga menetapkan demikian, seperti Muqaddasah Ponorogo, dan lain sebagainya.

Uniknya, dalam masa 3-5 tahun, setiap tahunnya target hafalan Al Quran santri grafiknya menurun. Tahun pertama memiliki target 9 Juz, tahun kedua enam sampai tujuh juz, tahun ketiga enam juz, bahkan di tahun ketiga atau keempat hanya 5 juz.

Kami pun bertanya kepada Abah Choteb, mengapa tidak sama porsi menghafal setiap tahunnya. Beliau dengan bersarung di ruangannya menjawab, “Tahun kedua punya beban murajaah hafalan tahun pertama, tahun ketiga, punya beban murajaah hafalan tahun kedua dan pertama. Sehingga waktu menghafal menyusut, tapi murajaah semakin banyak.”

Dengan cara demikian, hafalan benar-benar melekat di kepala masing-masing santri. Karena hafalan yang sebelumnya sudah pasti sudah tertanam. Murajaahnya kita lakukan lebih intens dan berulang-ulang.

Dari sinilah kami memahami bahwa menghafal program tahfidz Quran bukanlah yang tercepat adalah yang terbaik. Kami pun memahami bahwa yang mementingkan kecepatan tidak sepenuhnya bagus untuk kualitas hafalan anak.Tips Menghafal Quran

Tahun Khusus Murajaah Hafalan Quran

Bahkan di Pesantren Darul Hikam Tahfidz Quran Mojokerto khusus putri ada satu tahun khusus untuk murajaah, yaitu tahun keempat. Satu semester digunakan khusus untuk mengulang-ulang hasil bacaan. Pihak pengajar ingin memastikan tidak ada satu pun hasil hafalan yang kualitasnya kurang baik.

Yang paling unik adalah ada yang namanya Murajaah Riyadhah. Yaitu membiasakan anak dengan riyadhah ruhani. Ibadah-ibadah sunnah penguat diri sebagai seorang hafidz. Program ini dilaksanakan di semester ke-2 pada tahun ke-4.

Bentuknya adalah dzikir, puasa, dan lain sebagainya. Jangan sampai santri hanya mampu menghafal saja, tapi perilaku dan tindak-tanduknya justru tidak sesuai dengan al Quran. Sehingga internalisasi sebagai seorang hafidz Quran di masyarakat bisa berjalan dengan baik.

Hebatnya hal ini diawasi langsung oleh Kyai Pesantren, KH. Masruhan Choteb. Karena santrinya dibatasi, maka setiap santri mendapatkan kesempatan yang sama untuk merasakan pengawasan istimewa dari pihak pesantren.

Jika mampu melewati semuanya, barulah disebut hafidz Quran. Artinya prosesnya sangat panjang. Tidak serta-merta menghafal dengan cepat langsung menjadi hafidz, tapi ada proses yang dijalankan perlahan-lahan dalam silabus tahfidz Quran.

Oleh sebab itu bagi kami pesantren Darul Hikam Khusus Putri adalah salah satu pesantren tahfidz Quran terbaik. Apalagi ditunjang fasilitas yang mumpuni sehingga membuat santrinya nyaman untuk menghafal Quran.

Info lengkap, segala pertanyaan dan pendaftaran bisa menghubungi, 0811-3520-100, akan ada yang melayani dengan baik

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *