Pondok Pesantren Tahfidz Quran Putri | Mojokerto | Jawa Timur

Pesantren Tahfidz Quran Putri

Pondok pesantren tahfidz quran putri tidak banyak berdiri di Indonesia. Rata-rata pondok pesantren tahfidz adalah campuran, ada yang putra, ada juga yang putri dengan tempat yang sedikit terpisah. Namun demikian, tahfidz khusus putri tidak banyak.

Tapi bukannya tidak ada. Di Jawa Timur, pondok pesantren tahfidz khusus putri di antaranya adalah pesantren Lirboyo. Di salah satu kompleknya ada pesantren tahfidz khusus putri. Selain itu ada yang namanya Pesantren Darul Hikam Tahfidz Quran. Letaknya di Mojokerto, Jawa Timur.

Saya berkunjung ke sana untuk silaturahim dengan teman yang kebetulan adalah ustadz di Pesantren tahfidz yang berdiri pada tahun 2017 ini. Saya dari Surabaya berangkat menggunakan kendaraan pribadi. Letaknya tidak susah, karena dari terminal Mojokerto hanya sekitar 10 menit. Tepatnya ke arah Pacet, tempat wisata pemandian air panas di Mojokerto.

Darul Hikam Mojokerto Jawa Timur

Pesantren Tahfidz Quran Putri
Pesantren Tahfidz Quran Putri

Namanya Pondok Pesantren Darul Hikam Tahfidz. Pondok ini sebenarnya adalah pondok pesantren umum yang berdiri dengan jenjang dari TK hingga SMA. Namun demikian menurut saya yang lebih istimewa adalah pesantren tahfidz quran yang khusus putri. Pondok ini memiliki pola penanganan yang bagus untuk santriwatinya.

Saya berkesempatan berbincang dengan 3 santriwati tahfidz. Pertama bernama Salma yang berasal dari Bali. Kedua bernama Anggi berasal dari Palembang. Ketiga bernama Safira yang berasal dari Tangerang. Uniknya ketiganya memiliki jenjang berbeda. Yang dari Bali berada di kelas 10, atau SMA. Yang dari Palembang kelas 7 atau 1 SMP, yang dari Tangerang sudah lulus SMA. Tapi tidak kuliah, fokus tahfidz.

Saya tanya satu persatu hafalan mereka. Ketiganya mencapai hasil yang berbeda-beda. Untuk Salma, sudah mencapai tiga juz. Tentu saja saya sangat terkejut. Karena mereka bertiga baru tiga bulan di pesantren yang terletak di kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto. Artinya satu bulan bisa menghafal satu juz. Salma menjelaskan bahwa satu hari dia mampu menghafal satu muka, atau mudahnya satu halaman al Quran.

Durasi Tahfidz Quran

Oleh sebab itu bisa jadi tiga tahun sudah menghafal 30 juz. Namun demikian tidak dengan teman sebelahnya, Anggi yang baru berhasil menghafal hampir tiga juz, mungkin saya anggap dua juz setengah. Ketika saya tanya, ternyata ada faktor penyesuaian di pondok pesantren. Mengingat Anggi selepas SD langsung ke pesantren. Ada unsur kangen orang tua, ada unsur ingin pulang. Tapi karena santri sedikit, perhatian ustadz terhadap santri tinggi, selalu ditanya apa yang membuat tidak begitu kerasan. Dan nantinya dicarikan solusi.

Lain lagi dengan Safira yang ternyata baru mampu menghafal satu juz. Saya awalnya terkejut. Ketika saya gali lebih dalam, ternyata ada waktu sekitar dua bulan untuk tahsin bacaan terlebih dahulu oleh kyai. Ketika sudah dianggap layak, baru diizinkan menghafal. Dengan kata lain kalau tidak bisa sama sekali, mungkin butuh enam bulan di awal untuk menyesuaikan standard.

Jika dibandingkan dengan pondok lain, pesantran tahfidz Darul Hikam Mojokerto ini tidak lebih cepat, tidak juga lambat. Karena beberapa pondok pesantren, seperti Sulaymania yang berafiliasi dengan turki, santrinya mampu menghafal 30 juz dalam jangka waktu 2 tahun. Oleh sebab itu yang ingin saya gali selanjutnya adalah kegiatan sehari-hari dan cara untuk menghafal al Quran di Pesantren Tahfidz Quran Darul Hikam.

Waktu Menghafal di Pesantren Tahfidz Quran Putri Darul Hikam

pesantren tahfidz quran
tribunnews.com – ilustrasi

Saya tanya satu persatu, ada yang bangun pukul 03:00, yaitu Anggi, yang paling muda. Sedangkan Safira dan Salma bangun di pukul 03:30. Kegiatan mereka sebelum subuh sama, yaitu mengerjakan shalat tahajud dan menghafal al Quran.

Selepas subuh juga demikian, mereka kembali menghafal Quran hingga pukul enam pagi. Waktu selepas subuh pagi pondok pesantren tahfidz memang waktu emas, sangat jarang yang menggunakannya sebagai waktu olah raga, termasuk Pondok Pesantren Darul Hikam Tahfidz Quran ini. Di subuh ini mereka istilahnya murajaah. Tanpa pendamping seperti layaknya waktu sebelum subuh.

Selepas makan dan mandi, mereka akan didampingin oleh guru dari pukul 07:00 hingga shalat dhuhur tiba. Inilah pelajaran inti dalam tahfidz Quran di pondok pesantren tahfidz Quran khusus putri ini. Selama beberapa jam mereka akan terus didampingi oleh ustadzah. Sehingga mencapai satu halaman dalam satu hari adalah perkara yang tidak sulit.

Selepas makan siang, bagi Safira yang sudah lulus SMA adalah saat untuk istirahat, Safira biasa menggunakan untuk tidur. Sedangkan untuk Salma dan Anggi adalah waktu untuk belajar pendidikan umum. Durasinya sekitar 2 jam saja. Saya heran, apakah itu cukup? Ustadz Majid selaku pembina menyampaikan bahwa yang dipersiapkan adalah pelajaran khusus UAN saja. Saya mengangguk-angguk sendiri. Lagi pula terlalu banyak pelajaran, hehehe.

Selesai shalat ashar adalah waktu untuk menghadap Kyai Masruhan Choteb. Jadi setoran hafalan di pesantren tahfidz khusus putri di Jawa Timur ini kepada kyai meski pendampingannya kepada ustadz. Setoran inilah yang sangat menentukan. Terkadang diminta mengulang.

Uniknya, ketika saya bertanya kepada masing-masing santri tentang pesan apa yang selalu diberikan kyai, mereka rata-rata menjawab, “Jangan berusaha cepat-cepat, yang penting istiqamah, dan dijaga dengan baik kualitas hafalannya.” Dalam aspek ini saya salut sekali. Malam pun selepas Isya mereka akan menghafal lagi hingga sekitar 21:30. Di pukul 22:00 mereka akan terlelap dalam mimpi indah.

Simak pengalaman santriwati Darul Hikam Tahfidz Quran Mojokerto di sini

Amalan di Pesantren Tahfidz Quran Putri Darul Hikam

Pesantren ini memiliki basis NU khas Jawa Timur. Juga memiliki identitas salaf. Sehingga ada amalan-amalan tertentu yang dilaksanakan guna mendukung hafalan. Istilahnya, lebih dekat kepada Allah akan lebih mudah menghafal.

Pertama adalah dzikir. Pesantren ini mengamalkan dzikir sebagai terapi untuk anak-anak yang nakal. Hal ini dilakukan di pesantren reguler. Bahkan setahu saya, kalau misalkan ada nakal, akan dipindah ke pondok dengan fasilitas minim. Sehingga diajarkan untuk prihatin dan merasakan bahwa hidup tidak boleh congkak dan sombong.

Amalan lain, setiap santri di pesantren ini juga diajarkan untuk rutin berpuasa senin dan kamis. Dalam istilah mereka, ketika sudah dekat dengan Allah, Quran akan semakin dekat dengan mereka. Bahkan ketika saya berbicara kepada mereka, karena saya laki-laki, sulit sekali menggali informasi. Sangat pemalu di depan laki-laki, padahal anak saya dua. Hehehe… Inilah aspek paling tinggi di pesantren ini. Jika ingin melihat kelebihan dari pesantren tahfidz Quran putri ini bisa klik link berikut.

Fasilitas Pesantren Tahfidz Quran Putri Darul Hikam

Saya akui, aktivitas yang demikian padat bisa dikerjakan dengan baik karena dukungan fasilitas. Terutama kenyamanan di asrama. Menghafal adalah kegiatan yang sangat memeras otak. Jika tidak nyaman bisa tidak kuat. Asrama di pesantren tahfidz quran khusus putri ini semuanya menggunakan pendingin ruangan. Masing-masing satu ranjang bersama sepuluh santriwati lain. Ada kamar mandi di dalam kamar.

Hal selanjutnya saya tanyakan kepada mereka bertiga adalah kenapa bisa begitu fokus dalam menghafal. Ternyata, santri di pesantren tahfidz Quran Putri untuk dewasa ini tidak begitu banyak. Di bawah seratus. Sehingga tidak begitu riuh. Untuk santriwati, hal ini menjadi faktor yang cukup menyenangkan.

Kedua, keadaan di Pesantren Tahfidz di Mojokerto ini cukup sepi dan nyaman. Letaknya memang di tengah sawah, dikelilingi pagar tinggi. Jika kita naik ke lantai empat, maka akan terlihat hamparan luas sawah. Hal yang tidak bisa dilupakan adalah, bahwa Mojokerto merupakan kota wisata, Pacet dikenal dengan daerah yang sangat dingin dan pemandian air panas. Seperti layaknya Batu di Malang. Letak pesantren tahfidz khusus putri ini memang berada di lokasi menuju Pacet.

Lihat video berkeliling di Darul Hikam Tahfidz Quran Mojokerto

Pendidikan Formal di Pesantren Tahfidz Quran Putri

Mengenai pendidikan formal, saya konfirmasi ke Ust. Abdul Majid. Pendidikan formal di pesantren ini mengikuti kegiatan tahfidz Quran. Sehingga tidak mengganggu. Oleh sebab itu kegiatan sekolah di pesantren tahfidz ini dilaksanakan pada jam 13:00 hingga selesai.

Saya sebenarnya ragu dengan kualitas pendidikan yang hanya secuil. Saya konfirmasi, “Apakah pendidikannya menjadi kurang bagus”. Ternyata tidak. Pondok pesantren tahfidz Quran putri di Mojokerto ini sudah disetting dengan pola pelaksanaan tahfidz berjalan maksimal empat tahun. Artinya, jika saat masuk pesantren waktunya normal, selepas sekolah dasar, maka akan selesai kelas 1 SMA.

Ada sisa dua tahun, yaitu kelas 2 dan 3 SMA. Di sinilah fokus akademis dilaksanakan. Selain materi UAN., yang diberikan adalah fokus pembelajaran pada persiapan ke jenjang lanjutan. Porsi tahfidz tetap ada, namun porsi besarnya dibalik, menjadi persiapan ke jenjang berikutnya. Jika ingin ke Timur Tengah, akan mengikuti persiapan Bahasa Arab.

Biaya Pesantren Tahfidz Quran Putri Darul Hikam

Jika ingin masuk ke perguruan tinggi umum, maka akan ada pendidikan khusus menyiapkan ke perguruan tinggi umum selama dua tahun. Bahkan jika ingin fokus ke Barat, maka akan ada pendidikan khusus Bahasa Inggris. Ini adalah sesuatu nilai lebih untuk pendidikan di Darul Hikam Tahfidz Quran.

Dengan fasilitas seperti boarding school mahal, biaya untuk mendaftar sebesar Rp. 30.000.000, sedangkan untuk bulanan yang kami dapatkan informasinya adalah Rp. 2.400.000. Standard jika saya melihat fasilitas dan sistem pendidikan.

Satu hal yang menurut saya salut dari Darul Hikam Mojokerto tahfidz Quran adalah santriwati yang belajar di dalam pesantren ini seperti mendalami betul makna sebagai hafidz quran. Saya melihat, menghafal Quran bagi mereka sudah seperti Passion. Entah bagaimana pola pendekatannya, tapi yang saya lihat adalah demikian. Mereka tidak lelah terus menghafal dalam waktu hampir 24 jam. Akhlaqnya pun cukup baik. Jika perempuan ingin menghafal Quran, bisa dikatakan inilah salah satu pesantren menghafal Quran terbaik di Indonesia untuk dewasa.

Jika ingin informasi lengkap bisa menghubungi 0811-3520-100. Akan ada ustadzah yang melayani dengan ramah.  

13 Replies to “Pondok Pesantren Tahfidz Quran Putri | Mojokerto | Jawa Timur”

  1. Assalamualaikum,
    Ustadzah.. Mohon informasi lebih lanjut utk pendaftaran santri tahfidz putri Al Hikam ini, utk th ajaran 2019/2020, krn ana memiliki ananda putri yg tahun ini lulus Mts. dan berminat utk meneruskan ke pesantrrn tahfidz.
    Wassalam

    Humairo, dari Bengkulu

    1. Wa’alaikumsalam. Insy Allah bisa dan sudah tersedia kuotanya. Hubungi nomor kami di 0811-3520-100. Atau mungkin ibu bisa memberikan nomor hp agar bisa kami hubungi

  2. Assalamu’alaykum Warohmatullohi Wabarokatuh
    Ustadzah, Ananda Saat ini sdh lulus thn 2019 Dari Boarding school,ingin masuk Di ponpes Darul Hikam Di Mojokerto.Mhn infonya ustadzah, Syukron.
    Wa’alaykumsalam Warohmatullohi Wabarokatuh

    1. Info Lengkap Pesantren Tahfidz Putri di Mojokerto Jawa Timur ini bisa ke 0811-3520-100. Akan ada ustadzah yang melayani dengan ramah.

    1. Insy Allah masih, Info Lengkap Pesantren Tahfidz Putri di Mojokerto Jawa Timur ini bisa ke 0811-3520-100. Akan ada ustadzah yang melayani dengan ramah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *