Pondok Pesantren Tahfidz Quran di Jawa Timur | Darul Hikam Mojokerto

Pondok pesantren tahfidz Quran Jawa Timur begitu menjamur. Entah itu khusus pesantren tahfidz Quran saja, atau pesantren yang memiliki nilai tambah program tahfidz Quran. Bahkan banyak beredar islamic boarding school yang plus tahfidz. Salah satunya pondok pesantren tahfidz Quran di Jawa Timur adalah Darul Hikam Mojokerto.

Darul Hikam Mojokerto dikenal dengan pesantren terapi. Yaitu pesantren yang memberikan terapi khusus bagi anak sedikit nakal. Caranya adalah dengan mengungsikan anak tersebut kepada pesantren yang memiliki fasilitas lebih rendah. Fungsinya agar anak itu prihatin, agar anak itu tahu bahwa dirinya lebih beruntung.

Selain pesantren reguler, Darul Hikam memiliki pesantren yang khusus untuk tahfidz Quran. Namun pesantren ini dikhususkan untuk tahfidz putri. Namanya sama, Darul Hikam Mojokerto, Pesantren Tahfidz Quran di Jawa Timur. Namun secara tempat berbeda, fasilitas pun berbeda, dan pendidikannya sangat berbeda.

Pondok Pesantren Tahfidz Quran Putri

Adapun yang dibahas dalam tulisan ini adalah pondok pesantren tahfidz quran di Jawa Timur Darul Hikam Mojokerto. Pondok pesantren tahfidz quran ini terletak di kecamatan Puri. Tepatnya kalau dari terminal mojokerto sekitar lima belas menit. Jika Anda kebingungan, pondok pesantren tahfidz quran ini awal menuju Pacet, tempat wisata yang cukup mashur di wilayah Jawa Timur.

Awal mula hadir di pondok pesantren tahfidz quran ini kesan yang dimunculkan adalah, pondok pesantren tahfidz quran ini sengaja berada di tempat dikelilingi sawah untuk mendapatkan suasana dengan kesunyian dan penuh konsentrasi layaknya pesantren-pesantren mashur lainnya di Indonesia. Tengok saja Gontor, atau Sidogiri yang memiliki lokasi masuk ke dalam.

Gedungnya pun hanya satu dengan lantai berjumlah tiga, dan atap digunakan sebagai pusat mencuci dan menjemur.  Namun demikian gedungnya tidak kecil. Pesantren tahfidz quran di Jawa Timur ini memiliki gedung lumayan besar. Sehingga terlihat kokoh di tengah sawah. Syarat pesantren putri yang ada pagar keliling juga sudah terpenuhi. Pagar setinggi dua meter sudah kokoh mengelilingi. Sehingga satu pintu dari depan.

pondok pesantren tahfidz Quran putri Darul HikamGedung ini difokuskan hanya untuk menghafal saja. Bukan untuk sekolah, adapun sekolahnya memiliki tempat di pesantren reguler yang berjarak sekitar sepuluh menit. Sehingga ketika sekolah reguler berjalan, semua akan dijemput menggunakan mobil pondok.

Fasilitas yang tersedia di Pesantren Tahfidz Quran Darul Hikam juga standard. Untuk olah raga ada berkuda. Juga memanah di halaman luas. Adapun fasilitas lain, seperti berenang, bekerjasama dengan penyedia fasilitas itu di lokasi yang berjarak satu kilometer. Sehingga, renang diadakan rutin dalam jangka waktu seminggu sekali.

Fasilitas Pondok Pesantren Tahfidz Quran Darul Hikam

Fasilitas asrama tergolong istimewa untuk kelas pondok pesantren tahfidz Quran di Jawa Timur. Asramanya menggunakan ranjang tingkat, dengan kapasitas satu kamar sekitar sepuluh orang. Setiap anak diberikan almari sendiri-sendiri. Dan setiap kamar memiliki fasilitas AC. Sehingga kenyamanan menjadi nomor satu. Bahkan kamar mandi pun berada di dalam.

Namun demikian yang istimewa dari pondok pesantren tahfidz quran ini menurut kami adalah faktor tahfidz quran di dalamnya. Pertama, metode tahfidz yang digunakan adalah musyafahah bit talqin. Atau jika belum familiar, metode ini adalah dengan cara guru melafalkan, kemudian murid menirukan. Seperti layaknya rasul menerima wahyu dari malaikat Jibril.

Dari metode ini, ketepatan dalam melafadzkan adalah hal yang diutamakan. Sehingga disamping memang lebih cepat dari umumnya, dengan cara ini semua santri di pesantren tahfidz quran Jawa Timur ini punya kesempatan untuk menghafal dengan baik. Apalagi semua guru di pesantren tahfidz quran ini memiliki ijazah bersanad. Yaitu ijazah yang menunjukkan bahwa mereka memiliki guru dalam menghafal, bukan menghafal sendirian seperti yang sedang menjamur sekarang.

Waktu menghafal yang ditetapkan adalah empat tahun untuk 30 Juz. Namun setiap anak bisa lebih cepat dari waktu itu, tergantung kemampuan masing-masing. Waktu empat tahun tersebut adalah waktu yang berlaku pada umumnya semua siswa. Untuk mencapai durasi satu tahun, menurut saya di pondok tahfidz quran ini kesulitan.

Pendidikan Formal di Darul Hikam Tahfidz Quran Mojokerto

Pertama, pondok pesantren tahfidz quran ini bukanlah tempat untuk santri yang hanya menghafal tanpa mendapatkan pendidikan umum. Kedua, di pesantren tahfidz Quran ini pendidikan umum adalah unsur yang tidak terpisahkan. Ketiga, proses menghafal di pondok pesantren tahfidz quran ini menggunakan pola pengkondisian waktu. Tidak seperti pesantren tahfidz umum yang mewajibkan waktu setor saja. Sehingga secara durasi waktu menghafal hampir seragam.

Sedangkan unsur pendidikan umum menjadi perhatian juga di pondok pesantren tahfidz quran ini. Bahkan pondok pesantren tahfidz quran ini dikenal sebagai pesantren dengan prestasi seperti robotic tingkat Asia di Jepang. Juga pernah mendapatkan sertifikat dari diknas meraih prestasi nilai tertinggi UN. Sehingga tempaan pendidikan umum menjadi prioritas.

Bahkan ekstra kulikuler di sekolah ini tidak hanya dalam pendidikan jasmani, fisik. Tapi pendidikan ekstra kulikuler di pondok pesantren tahfidz quran ini juga ada tentang olimpiade sains, melanjutkan pendidikan di luar negeri, dan robotic. Oleh sebab itu pesantren tahfidz quran darul Hikam Mojokerto Jawa Timur ini cukup menarik untuk pendidikan tahfidz putri.

Simak wawancara dengan santriwati Darul Hikam Mojokerto di sini

Kelemahan Pondok Pesantren Tahfidz Quran Darul Hikam

Kelemahan dari pesantren tahfidz ini menurut kami dalam persoalan masih baru memulai. Sehingga tentu saja seringkali masih ada proses uji coba dalam persoalan minor. Namun sisi positifnya, biasanya tahap awal selalu berusaha menghadirkan yang terbaik, agar semakin dipercaya oleh calon santri di seluruh Indonesia.

Untuk biaya harus dibedakan antara pesantren tahfidz quran putri Darul Hikam dengan pesantren regulernya. Kalau yang reguler, pendaftarannya sekitar delapan juta. Sedangkan pesantren tahfidz sekitar tiga puluh juta. Bulanannya, untuk yang pesantren reguler hanya sekitar satu juta, kalau yang tahfidz dua juta.

Informasi bisa menghubungi, 0811-3520-100. Akan ada ustadzah yang melayani dengan ramah.

3 Replies to “Pondok Pesantren Tahfidz Quran di Jawa Timur | Darul Hikam Mojokerto”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *