9 Pondok Pesantren Penghafal Quran Terbaik

Pesantren penghafal quran menjadi trending di Indonesia sejak adanya acara tahfidz quran di televisi. Pesantren tahfidz Quran pun menjamur baik putra maupun putri di pulau Jawa, luar Jawa, terutama basis daerah pesantren tahfidz seperti Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Oleh sebab itu kami memberikan beberapa pilihan pesantren penghafal Quran untuk mempermudah bagi Anda yang ingin mencari pesantren tahfidz di Indonesia. Terutama agar sesuai secara usia dan jenjang pilihan pendidikan.

Berikut 9 pesantren penghafal quran terbaik di Indonesia.

  1. Yanbu’ul Quran, Kudus, Jawa Tengah

Bisa dikatakan Jawa Tengah adalah basis pesantren penghafal Quran dengan kualitas hafalan terbaik. Hal ini tidak lepas dari pesantren Yanbu’ul Quran yang berada di Kota Kudus. Bahkan Kudus selain dikenal sebagai kota wali, pada akhirnya dikenal sebagai salah satu kota penghafal al Quran. Dari Yanbu’ul Qur’an lahirlah pesantren-pesantren penghafal al Quran di sekitarnya.

Yang istimewa dari pesantren yang diasuh oleh KH. Arwani Amin ini adalah kualitas hafalan, titik. Jangan bicara pendidikan formal, atau kualitas akademis, meskipun ada tapi yang istimewa adalah kualitas hafalan. Jika belum fasih membaca al Quran, untuk surat al Fatihah saja bisa diulang hingga satu bulan. Baru selanjutnya bisa memulai surat yang lain.

Bahkan saya pernah ke pondok tahfidz Quran yang ada di Solo, ustadznya sendiri mengatakan, kalau kualitas hafalan, kami masih berkaca ke Yanbu’ul Quran. Bahkan pondok penghafal Quran di Jawa Tengah ini menjadi rujukan untuk guru-guru tahfidz di pesantren-pesantren.

Secara warna, pondok ini adalah pesantren klasik dengan berpola tatap muka bersama ustadz pembimbingnya dengan intensif. Kekuatan utama bukan pada sistem, tapi menurut kami adalah fokusnya guru membimbing.

Lebih istimewa di pesantren tahfidz al Quran ini, meskipun segala jenjang usia diperbolehkan, namun jika ingin hasil maksimal lebih baik untuk jenjang anak-anak di usia sekolah dasar. Bagi yang melihat wisudanya, Anda akan tidak menyangka anak kecil mampu menghafal al Quran dengan baik. Oleh sebab itu ini adalah pesantren penghafal quran terbaik.

  1. Darul Hikam Tahfidz Putri, Mojokerto

Pesantren ini naik daun pada jenjang non tahfidz karena prestasinya memenangi kejuaraan robotic tingkat Asia. Padahal ini adalah pondok pesantren bukan sekolah umum. Sehingga ketika pesantren tahfidz putri didirikan oleh KH. Masruchan Choteb, maka yang istimewa adalah keseimbangan antara pendidikan umum dan pendidikan tahfidz.

Ini bukan pesantren tahfidz dengan pola sekolah boarding school, atau sekolah boarding school dengan hiasan tahfidz. Tapi ini adalah pesantren tahfidz yang tetap menjaga kualitas akademik. Faktanya dalam lima tahun terakhir pernah sekali meraih nilai UAN terbaik dan mendapatkan sertifikat dari menteri pendidikan saat itu Anies Baswedan.

Oleh sebab itu di pesantren yang khusus untuk tahfidz, Darul Hikam justru memiliki durasi waktu menghafal standard. Untuk hafal satu al Quran membutuhkan waktu sekitar 4,5 tahun. Meskipun ada yang lebih cepat, namun waktu itu adalah waktu standard yang ditetapkan oleh pondok pesantren. Alasannya, pendidikan formalnya tetap mendapat perhatian cukup baik.

Secara fasilitas pun cukup baik, memakai ranjang tingkat, dengan ruangan ber AC, ada kuda sebagai olah raga, panahan, renang yang berada di jarak satu kilo dari kampus. Sehingga untuk tahfidz putri, bisa dikatakan Darul Hikam Mojokerto adalah salah satu pesantren penghafal Quran terbaik khusus putri.

Yang menjadi perhatian, pesantren ini fokusnya pada jenjang tsanawiyah dan aliyah, jadi bukan tempat untuk anak-anak. Menyiapkan wanita-wanita solecha dengan kandungan hafalan yang bagus adalah inti dari pendidikan Pesantren penghafal Al Quran Darul Hikam Tahfidz Putri Mojokerto.

  1. Darul Qur’an

Nama Darul Quran tidak bisa lepas dari Ust. Yusuf Mansur. Patut diapresiasi adalah gerakan menghafal yang beliau ciptakan. Untuk satu surat saja, semisal al Kahfi, sudah mendapatkan ijazah hafalan surat itu, sehingga gerakannya menghafal al Quran menjadi masif.

Darul Quran sendiri adalah pondok pesantren tahfidz Quran dengan sistem pesantren modern seperti layaknya pondok modern di Indonesia. Secara waktu menghafal tidak diterapkan durasi waktu khusus.

Hanya saja Darul Quran memiliki harga yang tergolong paling mahal di antara pesantren-pesantren lain yang kami sebutkan. Namun demikian, Darul Quran sudah menjadi pintu alternatif bagi siapa saja anaknya yang ingin menghafal Quran. Dan sekarang cabang Darul Quran sudah berada hampir di banyak daerah besar di Indonesia.

  1. Muqaddasah, Ponorogo

Pesantren penghafal quran terbaik
pesantren penghafal quran terbaik

Muqaddasah adalah pesantren penghafal quran yang dikelola oleh kyai Gontor dengan idealisme tinggi, KH. Hasan Abdullah Sahal. Muqaddasah hadir dengan dua identitas utama, pesantren tahfidz dengan sistem pendidikan modern, dan kualitas hafalan yang mumpuni.

Sistem pendidikan modern yang dimaksud adalah semua waktu diatur sedemikian rupa, baik untuk pendidikan formal atau tahfidznya sudah mendapatkan waktu khusus dan diseragamkan di semua santri. Tidak akan ditemukan santri satu menghafal, yang lainnya bermain.

Muqaddasah memiliki kelebihan pendidikan jenjang anak-anak setingkat sekolah dasar, dengan disiplin tinggi. Sehingga pendampingan guru asrama begitu intensif. Di pesantren ini santri masih kecil, kelas satu, dimandikan guru adalah hal yang sangat biasa, agar disiplin secara waktu. Nangis memeluk guru juga hal yang sangat lazim terjadi.

Yang istimewa dari salah satu pesantren penghafal Quran terbaik ini tentu saja kualitas hafalan. Semua santri belum diakui lulus hafalan dan mendapatkan ijazah dari Muqaddasah jika belum menghafal 30 juz. Hanya satu juz, belum bisa. Dan ujiannya benar-benar sangat menegangkan. Bisa jadi tidak lulus, sangat mungkin. Idealisme inilah yang rasanya membuat banyak orang tua rela memasukkan anaknya ke pesantren tahfidz Quran di Ponorogo, Jawa Timur.

  1. Al As’ariyah, Wonosobo

Pesantren al As’ariyah adalah pesantren tahfidz penghafal al Quran berada di Jawa Tengah. Ini adalah pesantren tahfidz tergolong tertua karena berdiri pada tahun 1800-an. Sehingga masalah pondok pesantren tidak perlu diragukan karena sudah bertahan lebih dari tiga generasi.

Untuk pendidikan tahfidz di pesantren ini cukup banyak santrinya dari seluruh penjuru Indonesia, terutama dari wialayah Jawa. Pondok ini memang sudah mashur. Untuk jenjangnya, bisa dari jenjang kecil hingga dewasa. Profilnya cukup banyak beredar di Youtube.

Pesantren ini layaknya pesantren tahfidz di Jawa Tengah seperti Yanbu’ul Quran, Krapyak Jogjakarta, menggunakan pola pengajaran dan sistem pesantren klasik dengan berhiaskan pendidikan kajian kitab kuning. Al As’ariyah Wonosobo diakui menjadi salah satu pesantren tahfid Quran yang menjadi rujukan.

  1. Hidayatul Quran, Kaliwungu

Pesantren tahfidz Hidayatul Quran Kaliwungu namanya tidak begitu populer yang lainnya. Namun bagi penulis pesantren ini layak menjadi pilihan karena beberapa hal istimewa. Hidayatul Quran merupakan pesantren yang fokus dalam membimbing tahfidz al Quran dan memiliki kurikulum yang integral dari segala aspek al Quran. Di pesantren ini tahapan seseorang belajar cukup jelas jenjangnya.

Yang pertama adalah tahktimul Quran, atau mengkhatamkan al Quran. Santri tidak boleh mengikuti program tahfidz al Quran sebelum menyelesaikan membaca al Quran di hadapan ustadz sebanyak 30 juz lengkap. Sehingga semua bacaan sudah betul-betul benar.

Kedua adalah, tahfidzul Quran, yaitu menghafal Al Quran. Program ini yang menyita paling banyak waktu karena harus menghafal 30 juz. Biasanya untuk menghafal al Quran membutuhkan waktu selepas shalat subuh, selepas shalat duhur, selepas shalat asar, dan selepas shalat magrib.

Tahap paripurna yaitu tafhimul al Quran, yaitu memahami al Quran dengan tafsirnya. Inilah yang tidak banyak pondok pesantren memilikinya. Orang yang mampu hafal al Quran, sekaligus paham luar dalam isinya.

Ada kyai di tanah kelahiran saya hafidz plus tahu betul luar dalam isi al Quran, konon juga tamatan pesantren di Kaliwungu. Kyai ini cukup karismatik, hingga namanya diabadikan menjadi nama jalan desa, Jl. KH. Abu Suud.

  1. Al Munawir, Krapyak

Ini adalah guru para pesantren tahfidz, dalam catatan di Internet KH. Munawwir selaku pengasuh dulunya adalah guru dari KH. Arwani Amin, Kudus. Juga beberapa pimpinan pesantren lainnya.

Yang istimewa dari pesantren ini adalah tradisi sanad, yaitu menghafal dengan dihadapan guru, di mana guru itu dulunya juga menghafal di hadapan guru lainnya. Sehingga sudah diakui kualitasnya dan tidak diragukan hafalannya. Sanad inilah yang membedakan tahfidz quran biasa dengan adanya guru, dan ini tertulis di Ijazah. Tradisi ini pun kini menjalar di pesantren tahfidz lainnya.

Jika menghafal sendiri, salah benarnya tidak akan diketahui. Lain halnya jika memang didampingi oleh guru. Sehingga santri sudah terjamin kualitasnya. Tahfidz bersanad itulah yang rasanya harus kembali ditradisikan. Oleh sebab itu pesantren Krapyak Al Munawir tergolong yang tertua di Indonesia, karena menjadi guru dari banyak pesantren tahfidz.

Tentu saja pendidikannya berpola salaf, klasik seperti layaknya pesantren-pesantren lama dengan tambahan pendidikan mengkaji kitab kuning.

  1. Sulaimaniya, Turki

pesantren tahfidz quran terbaik di jawa timurPesantren penghafal Quran ini saya tulis Turki, karena memang di bawah naungan sistem Turki yang dikerjasamakan dengan depag Indonesia. Mungkin Sulaimaniya adalah satu-satunya pesantren penghafal al Quran dengan metode paling unik.

Setiap siswa akan menghafal dari lembar paling akhir di setiap juz, diteruskan lembar sebelumnya dan sebelumnya di setiap juz. Proses menghafal pun berjalan cukup baik, antara 1,5 hingga 3 tahun.

Yang istimewa dari pesantren yang sudah banyak tersebar di seluruh Indonesia ini adalah sistem beasiswa penuh untuk para santrinya. Syaratnya pun ketat, usia tidak boleh lebih dari sembilan belas tahun dan lain sebagainya. Pesantren penghafal al Quran ini juga diproyeksikan untuk melanjutkan studi di Turki. Saran kami jika ingin beasiswa penghafal al Quran dengan kualitas baik, Sulaimaniya adalah salah satu pilihan yang wajib menjadi rujukan.

  1. Al Khairiya, Sukabumi

Saya hanya mendengar pesantren ini cukup bagus kualitasnya karena menjaring bibit-bibit unggul di daerah dengan pola pendidikan gratis. Sehingga santri yang masuk memang berkualitas. Bedanya dengan sulaimaniya adalah jenjang pendidikan yang bisa dari anak-anak.

Sayangnya, tidak banyak informasi detil tentang pesantren ini yang menghkhususkan pada aspek tahfidz, sehingga kami perlu melengkapi. Bahkan jika ada yang mengetahui kelengkapan dari data al Khairiya Sukabumi bisa menulis di kolom komentar.

Inilah beberapa pesantren tahfidz quran dan pesantren penghafal quran terbaik di Indonesia untuk menjadi referensi dan rujukan bagi semua yang ingin mencarpi pondok pesantren tahfidz penghafal Quran terbaik.

5 Replies to “9 Pondok Pesantren Penghafal Quran Terbaik”

  1. Terimakasih ulasannya, kami sedang mencarikan pondok tahfidz untuk anak anak kami, tahun dpn masuk setaraf SMA.
    Semoga Allah SWT memilihkan yg terbaik, aamiin

    1. Alhamdulillah, Info Lengkap Pesantren Tahfidz Putri di Mojokerto Jawa Timur ini bisa ke 0811-3520-100. Akan ada ustadzah yang melayani dengan ramah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *