Daftar Pesantren Tahfidz Quran Terbaik di Jawa Timur

Pesantren tahfidz Quran di Jawa Timur cukup banyak. Namun demikian hanya beberapa yang menurut kami memiliki identitas khusus. Identitas itulah yang menjadikan kami memberi rekomendasi beberapa pesantren tahfidz quran terbaik di Jawa Timur, di antaranya di Mojokerto, Ponorogo, juga di Jombang, Malang, dan beberapa kota lainnya.

  1. Darul Hikam, Mojokerto

    Darul Hikam Mojokerto adalah pesantren quran di Jawa Timur yang diperuntukkan khusus untuk santriwati putri. Terletak di kecamatan Puri, 10 menit dari terminal ke arah wisata Pacet, pesantren ini memiliki kelebihan dalam pengelolaan santri yang sangat modern seperti layaknya boarding school. Bisa dikatakan kalau persoalan fasilitas pesantren ini lebih baik dari yang lainnya. Bahkan kamarnya menggunakan pendingin ruangan.

pesantren tahfidz quran terbaik di Jawa TimurKeistimewaan di pesantren tahfidz daerah Mojokerto ini justru ada pada penekanan tahfidz tapi tidak melupakan unsur pendidikan umum di SMA. SMA di pesantren ini memang memiliki banyak prestasi. Puncaknya di tahun 2015 yang mendapat penghargaan nilai UAN tertinggi, dan 2017 yang menjuarai robotic tingkat Asia di Jepang. Oleh sebab itu durasi tahfidz dilalui antara 3-4,5 tahun dengan sistem musyafahah bit talqin yang diasuh oleh KH. Masruhan Choteb, yang masih keturunan dari isteri dari Haji Soleh Langitan. Jika Anda lulus SD dan ingin mencari pesantren tahfidz Quran putri modern, maka pesantren tahfidz Quran di Jawa Timur ini adalah salah rekomendasi kami sebagai pesantren tahfidz Quran terbaik di Jawa Timur.

  1. Sidogiri, Pasuruan

Sidogiri memiliki identitas sebagai pesantren salaf yang kokoh mempertahankan prinsip-prinsip pendidikan metode klasik. Santrinya dikenal memiliki jiwa rendah hati dan sangat hormat kepada gurunya. Jiwa inilah yang membuat kami memasukkan sebagai salah satu pesantren tahfidz Quran rekomendasi terbaik di Jawa Timur.

Namun demikian, pesantren ini tidak menerapkan pendidikan umum. Hanya pendidikan dengan sistem pesentren yang sudah diakui oleh pemerintah (mu’adalah). Secara hafalan bisa dikatakan cukup bagus dengan mempertimbangkan wisuda yang dilakukan cukup ketat. Jika pertimbangan fokus tahfidz Quran, pesantren Sidogiri salah satu pesantren tahfidz Quran terbaik di Jawa Timur.

  1. Muqaddasah, Ponorogo

pesantren tahfidz terbaik di jawa timur

Muqaddasah memang dikenal sebagai pesantren tahfidz Quran terbaik di Indonesia. Keistimewaan yang sebenarnya terletak pada mekanisme tahfidz yang digabungkan dengan sistem pendidikan Gontor dengan disiplin sangat tinggi. Oleh sebab itu tahfidz nya pun berjalan seperti mekanistik. Tidak harus satu tahun, dua tahun. Sudah diatur sedemikian rupa.

Yang istimewa dari pesantren tahfidz yang ada di Ponorogo ini adalah pendidikan tahfidz untuk usia anak-anak, setara pendidikan sekolah dasar. Tahfidznya pun sangat ketat. Jika ada yang mengaku memiliki ijazah tahfidz muqaddasah, bagi kami kualitasnya cukup bagus. Alasannya, setahu kami, ijazah hanya dikeluarkan bagi mereka yang sudah hafal lengkap tiga puluh juz. Kedua, yang memiliki ijazah berarti sudah melewati ujian yang super duper ketat. Orangtua yang melihat pasti merinding. Bahkan meski sudah berdiri puluhan tahun, setahu kami, lulusan berijazah muqaddasah belum mencapai seratus. Oleh sebab itu kami masukkan di salah satu pesantren tahfidz quran terbaik di Jawa Timur.

  1. Lirboyo, Kediri

pesantren tahfidz quran di Jawa TimurLirboyo merupakan pesantren salaf di daerah Kediri. Ini pesantren legendaris, sekaligus salah satu tertua yang ada di Indonesia. Pesantren Lirboyo dikenal sebagai penghasil dai, dan ulama di kalangan nahdiyin. Tapi untuk tahfidz pesantren lirboyo lebih dikenal karena pesantren tahfidz putri. Oleh sebab itu Lirboyo tidak bisa dilepaskan dari pesantren tahfidz quran terbaik di Jawa Timur.

Karena terikat dengan Lirboyo, maka sistem dan lain sebagainya bisa dikatakan hampir mirip dengan yang ada di Lirboyo pada umumnya dengan sistem pesantren klasik yang juga mempelajari kitab kuning. Tahfidz putri di Lirboyo tidak diperuntukkan bagi anak-anak kecil. Lebih banyak anak-anak dewasa dengan usia lulusan SD.

5. SMK Pesantren Darma Plus Lamongan

Selanjutnya adalah SMK Pesantren Darma Plus Lamongan. Banyak pesantren tahfidz di jenjang SD, SMP, dan SMA, tapi tidak dengan SMK Darma Plus yang berada di bawah naungan pesantren Daarul Ma’arif Payaman Solokuro Lamongan.

Pesantren tahfidz Quran justru disatukan dengan pendidikan kejuruan SMK.

Di bawah naungan salah satu pesantren tertua di Lamongan, 1940, SMK Tahfidz Quran Darma Plus memiliki tiga jurusan yang dicari para calon pelajar, yaitu Komputer dan Jaringan, Bisnis Daring dan Pemasaran, serta Teknik Sepeda Motor (otomotif).

Di SMK Pesantren ini setiap tahun memiliki kewajiban untuk menyelesaikan 10 juz. Sehingga ketika nantinya lulus Pendidikan SMK Pesantren, maka siswa sudah siap kerja, sekaligus sudah menghafal Al Quran. Oleh sebab itu banyak siswa SMK yang berminat masuk pesantren ternama di Lamongan ini.

Biayanya bisa dikatakan termasuk paling murah di antara yang kami ulas di posting ini. Hanya Rp950.000 pendaftaran, dan perbulan Rp550.000. Biaya ini sudah termasuk uang makan, asrama, dan spp sekolah. Murahnya biaya ini karena memang ada unit usaha pesantren yang menopang ekonomi pesantren.

Untuk informasi hubungi ustadzah Eli, 0856-0446-0517. Beliau adalah salah satu pengelola di sana.

6. Sulaimaniya

Sulaimaniya paling berbeda dengan pesantren tahfidz Quran di Jawa Timur yang sudah kami sebutkan. Pertama, ini adalah pesantren yang bekerjasama dengan kemenag, resmi secara pemerintah. Polanya seperti layaknya insan cendekia serpong yang dirintis oleh BJ. Habibie. Penerimaan dilakukan seleksi ketat, dan pesantrennya memiliki banyak cabang di Indonesia. Jawa Timur terwakili di Surabaya, Pasuruan, Madura, dan beberapa wilayah lainnya.

Yang istimewa dari pesantren ini adalah gratis seratus persen. Semua ditanggung oleh penyelenggara yang berafiliasi dengan negara Turki. Oleh sebab itu ada porsi belajar bahasa Turki jika nantinya ingin melanjutkan di Negeri Erdogan. Tapi secara usia tidak bebas. Tidak boleh lebih dari sembilan belas tahun, tapi juga tidak boleh kurang dari tiga belas tahun.

Metodenya pun unik, menghafal dari lembar paling belakang dari setiap juz. Konon akan mempercepat hafalan. Rata-rata durasi hafalan di pesantren ini 2-3 tahun. Sehingga kami masukkan dalam pesantren tahfidz quran terbaik di Jawa Timur.

7. Madrasatul Quran, Jombang

Madrasatul Quran lebih akrab dengan pesantren Tebu Ireng. Pesantren ini khusus untuk tahfidz di wilayah Jombang Jawa Timur. Yang istimewa dari pesantren Madrasatul Quran adalah kebebasan dalam menghafal. Bisa anak SD kelas enam, SMP, atau SMA, kuliah, bisa juga hanya fokus untuk menghafal. Tapi kami tidak merekomendasikan untuk anak-anak seperti Muqaddasah.

Di pesantren ini setiap anak bisa menghafal dengan sangat cepat, bisa juga standard tergantung kemampuan anak. Namun meskipun salaf, pesantren ini tidak memiliki porsi membaca kitab kuning yang banyak, atau jika ikut sekolah formal, tidak memiliki jam yang padat, semua difokuskan ke menghafal Quran. Oleh sebab itu kami merekomendasikan pesantren ini bagi yang ingin fokus pada pendidikan tahfidz quran.

8. Firqoh An Najiyah, Malang

pesantren tahfidz di jawa timur mahasiswaFirqoh an Najiyah menurut kami pesantren yang tidak begitu besar, santrinya pun masih sedikit. Oleh sebab itu yang kami rekomendasikan pada jenjang diploma. Pendidikan Quran di pesantren tahfidz Quran di Jawa Timur ini gratis dan akan ada tugas pengabdian ke masyarakat seperti pondok pesantren Hidayatullah ketika sudah selesai masa pendidikan.

Inilah beberapa pesantren tahfid quran terbaik di Jawa Timur yang kami rekomendasikan. Semoga menjadi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *