Pesantren Tahfidz Quran Putri di Jawa Timur – Darul Hikam

Pesantren tahfidz Quran putri di Jawa Timur salah satunya adalah Darul Hikam yang terletak di wilayah Mojokerto, kota yang dikenal sebagai tujuan wisata pegunungan di kawasan Jawa Timur selain Malang. Di wilayah ini banyak pesantren di antara jalan berkelok dan latar belakang pegunungan dan perkebunan Indah. Pesantren Tahfidz Darul Hikam Mojokerto berada sebelum Anda naik ke wilayah pegunungan Pacet.

Darul Hikam Mojokerto lebih dikenal sebagai pesantren bernafaskan sistem modern, namun dengan pendidikan umum mengikuti dinas pendidikan nasional, bukan kemenag, dan secara amaliah ibadah mengikuti pola nahdhatul ulama, layaknya pesantren-pesantren Jawa Timur pada umumnya.

Pesantren tahfidz Quran putri di Jawa Timur tidak seramai Jawa Tengah, Jawa Timur lebih dikenal sebagai pesantren salaf kental dan Islamic boarding school, apalagi pesantren tahfidz khusus putri di Jawa Timur, sangat jarang. Darul Hikam hadir dalam keadaan yang menurut kami sangat tepat, pesantren tahfidz Quran putri di Jawa Timur.

Pondok pesantren tahfidz Quran putri di Jawa Timur yang dipimpin oleh KH. Masruhan Choteb ini fokus pada jenjang SMP dan SMA. Untuk di bawah usia ini, lebih baik di pondok pesantren lain. Darul Hikam fokus pada pendidikan putri usia dewasa. Dan di pesantren tahfidz Quran putri Jawa Timur ini tidak menerima pendidikan hanya tahfidz saja, sepaket dengan pendidikan formal.

Durasi Pesantren Tahfidz Quran Putri di Jawa Timur | Darul Hikam

Pesantren tahfidz putri di Jawa Timur ini tidak menjanjikan tahfidz dengan waktu yang sangat cepat, 6 bulan, atau satu tahun. Di pondok ini justru tertulis bahwa tahfidz quran adalah sebuah kurikulum integral bersama pendidikan umum di SMA pondok. Sehingga untuk menghafal memiliki waktu antara 3 tahun hingga 4,5 tahun.

Pondok Pesantren Tahfidz Quran Putri di Jawa Timur | Darul HikamWaktu yang sedemikian dikarenakan Darul Hikam mengedepankan keseimbangan antara pendidikan tahfidz dan pendidikan umum, inilah titik yang menurut kami istimewa. Bukan tahfidz didampingi sekolah umum, atau sekolah umum didampingi tahfidz, tapi keduanya memiliki porsi dan fokus yang seimbang. Konsekuensinya adalah waktu tahfidz yang tidak secepat pondok tahfidz pada umumnya.

Menurut kami pribadi, pesantren tahfidz putri di Jawa Timur ini justru lebih mirip disebut sebagai Islamic Boarding School tahfidzul quran. Asramanya dibentuk seperti layaknya boarding school di Jawa Timur, atau di Indonesia dengan memberikan kenyamanan tinggi. Seperti ruangan yang ber ac, ranjang susun, setiap anak diberikan almari memadai, juga fasilitas-fasilitas olah raga.

Pesantren tahfidz Quran putri di Jawa Timur ini membagi waktu dengan pendidikan umum dengan cara tetap masuk di sekolah SMA pondok pesantren, tidak mengikuti depag, tapi justru ke diknas. SMA Darul Hikam dikenal sebagai salah satu SMA berprestasi, salah satu siswanya pernah meraih gelar juara robotic tingkat Asia di Jepang tahun 2017, juga pernah mendapatkan penghargaan termasuk nilai UAN tertinggi di tahun 2015 dari Diknas.

Waktu Menghafal di Darul Hikam Mojokerto

Secara durasi waktu penjadwalan pun tidak semua dimakan oleh pesantren tahfidz, masih banyak porsi yang diperuntukkan bagi pendidikan umum. Di tiga tahun awal, pendidikan formal lebih sedikit porsinya dibanding tahfidz. Hanya selepas dhuhur saja. Namun setelah tiga empat tahun, atau sesudah tahfidz usai, pendidikan formal lebih dominan. Sisanya untuk mengulang saja.

Belum lagi di tahun-tahun akhir masa pendidikan ada pendampingan minat akademik siswa, seperti yang menginginkan pendidikan ke luar negeri akan didampingi dalam bahasa inggris, jika ingin ke Timur Tengah akan didampingi bahasa arab, jika ingin masuk perguruan tinggi umum, maka ada pendampingan dalam bidang yang ingin digeluti.

Secara bahasa yang diajarkan adalah arab dan inggris, ketika kami periksa memiliki standar cukup. Belum sampai menjadi bahasa percakapan sehari-hari. Rata-rata masih menggunakan bahasa Indonesia. Meskipun pondok ini juga seringkali mendapatkan undangan untuk debat dalam kancah internasional, seperti di Malaysia dan lain-lain.

Keunikan Pondok Pesantren Tahfidz Quran Putri Darul Hikam

Yang unik di pesantren ini sebenarnya dalam hal metode tahfidz yang digunakan. Dilain metode tikrar, atau mengulang-ulang, metode yang digunakan di pesantren tahfidz Quran putri di Jawa Timur ini juga menggunakan musyafah bit talqin. Sederhananya, guru akan mengucapkan ayat al Quran, siswa akan mengikuti. Sehingga orang yang tidak lancar baca Quran pun mampu melakukan ini. Benar-benar menyampaikan untuk dihafal.

Alasannya, Rasulullah dulu ketika menerima wahyu dari malaikat Jibril dalam keadaan buta huruf, tidak bisa membaca atau menulis. Namun ajaibnya, Rasulullah SAW mampu melafadzkan al Quran dengan cukup baik. Hal ini karena malaikat Jibril melafadzkan ayat, dan rasul menirukannya. Metode inilah yang selanjutnya dilakukan.

Kyai Berpengalam di Pendidikan Tahfidz Quran

Metode ini sudah dilakukan oleh pimpinan pondok, KH. Masruhan Choteb, di Negara-negara serumpun semacam Malaysia, Singapura, dan Brunei. Pimpinan pondok Darul Hikam Tahfidz yang lahir di Nganjuk ini memang pengajar al Quran dan tahfidz di negeri tetangga. Beliau kemudian terpanggil, rasanya tidak elok mengajar tahfidz di negeri orang namun tidak menyebarkan di Negeri sendiri. Darul Hikam Tahfidz Mojokerto Jawa Timur pada akhirnya berdiri.

Oleh sebab itu untuk studi tour di masa akhir pendidikan pondok pesantren tahfidz Quran putri di Jawa Timur ini diadakan ke Malaysia atau Singapura. Biaya tidak dipungut langsung, tapi sudah disisihkan dari biaya 2,4 juta yang dibayarkan setiap bulan. Kalau melihat fasilitas dan kegiatan, biaya sebesar itu bagi kami tergolong standar.

Apalagi ekstrakulikuler yang disediakan cukup representatif, memanah, renang, robotic dan sains, bimbingan olimpiade, jurnalistik dan penulisan ilmiah. Beberapa ekstrakulikuler hadir khusus di masa persiapan di kelas 4-6. Sebagai orangtua, jika melihat ini, maka paling tidak santriwati yang sudah lulus akan menjadi hafidzhoh sekaligus memikili kemampuan intelektual yang cukup sebagai bekal masa depan.

Sehingga kami rekomendasikan pesantren ini menjadi salah satu pesantren tahfidz Quran terbaik di Jawa Timur.

Saran kami, berkunjunglah terlebih dahulu, karena keistimewaan salah satu pesantren tahfidz quran putri di Jawa Timur ini tidak bisa hanya dilihat secara gedung dan fasilitas saja, namun juga harus diketahui dari sisi bagaimana kegiatan yang ada di dalamnya.

Alamatnya di jl. Tegalsari kec. Puri. Mojokerto, Jawa Timur. Atau jika ingin bertanya-tanya bisa menghubungi 0811-3520-100. Akan ada ustadzah yang melayani dengan ramah.

3 Replies to “Pesantren Tahfidz Quran Putri di Jawa Timur – Darul Hikam”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *