Darul Hikam – Pesantren Tahfidz Quran Khusus Putri di Mojokerto

Pesantren tahfidz quran Mojokerto di Jawa Timur, rata-rata adalah khusus putra, atau pesantren tahfidz quran putra putri. Kali ini Darul Hikam Mojokerto di Jawa Timur memiliki pesantren tahfidz Quran Khusus Putri.

Pesantren ini dalam catatan kami sebenarnya sederhana. Memiliki model Islamic boarding school yang mementingkan tahfidz tapi tidak melupakan pendidikan formal, tapi yang istimewa dari pesantren ini menurut kami ada pada aspek tiga hal, metode, lingkungan, dan fasilitas.

Metode tahfidz di pesantren khusus putri ini mengadopsi sistem tahfidz di Malaysia. Bukan karena ingin niru Malaysia, tapi pimpinan pesantren ini adalah orang asli Indonesia namun pengajar tahfidz di Malaysia dan Singapura, juga negara serumpun lainnya. Sehingga beliau terpanggil untuk kembali ke Indonesia dan membuat pesantren khusus putri. KH. Masruhan Choteb, begitulah namanya.

Metode tahfidz pesantren tahfidz quran Mojokerto ini memiliki metode musyafahah bit talqin. Kalau kita sering mendengar kata talqin adalah menuntun orang yang mau meninggal dengan kalimat yang bagus. Begitu pula di pondok ini, santri dituntun langsung untuk mengulang al Quran, seperti layaknya malaikat Jibril menuntun nabi Muhammad SAW. Sehingga hampir semua bisa melakukan tahfidz. Selebihnya tentu saja metode pengulangan seperti biasanya dilakukan secara mandiri.

Darul Hikam | Pesantren Tahfidz Quran Mojokerto
Darul Hikam | Pesantren Tahfidz Quran Mojokerto

Tapi bingungnya saya, kenapa metode ini tidak menghasilkan orang menghafal dengan cepat, karena tercatat dalam brosur 4,5 tahun untuk 30 juz, tidak seperti iklan pesantren lainnya yang menyampaikan satu tahun 30 juz, atau bahkan 6 bulan. Setelah saya konfirmasi ke Kyai, ternyata itu waktu standard. Banyak pula yang lebih cepat.

Ditetapkan waktu itu ternyata karena unsur keseimbangan yang diciptakan di pesantren dengan pendidikan umum. Sehingga pesantren tahfidz Quran khusus putri ini tidak mentarget secepat mungkin, tapi pendidikan formal tetap optimal, tahfidz tetap jalan dengan perlahan.

 

Prestasi Darul Hikam | Salah Satu Pesantren Tahfidz Quran Mojokerto

Setelah saya periksa di almari prestasinya, sekolah ini memang memiliki prestasi di tingkat provinsi, nasional, atau bahkan internasional. Salah satunya peraih nilai UAN tertinggi hingga mendapatkan sertifikat tanda penghargaan dari Anies Baswedan semasa di kementerian pendidikan, 2015.

Pesantren tahfidz Quran khusus putri di Mojokerto ini juga pernah menjuarai lomba robotic di Jepang. Untuk pondok pesantren tentu saja prestasi ini sangat membanggakan, apalagi prestasi yang diraih dalam bidang sains dan teknologi. Melihat prestasi ini, dugaan saya Pesantren Darul Hikam Mojokerto tetap ingin keseimbangan pada aspek pendidikan formal dan tahfidz. Oleh sebab itu pendidikan formal masih mendapatkan porsi lumayan besar kalau melihat jadwal harian, sekitar 6 jam.

Hal ini ditunjang dengan fasilitas yang cukup baik untuk standar pesantren tahfidz quran khusus putri. Kamarnya saja menggunakan ranjang bertingkat dan full pendingin ruangan. Kamar mandi masih di dalam asrama dengan kualitas seperti penginapan. Persis model boarding school. Padahal kalau dari segi gedung keseluruhan biasa, hanya satu gedung besar dengan empat lantai.

Namun mekanisme kegiatan disusun bagus. Misalkan kegiatan rutin renang, menyewa di kolam renang proporsional berjarak 1 kilometer dari pesantren. Fasilitas standar lainnya juga tersedia dengan baik. Kalau untuk sekolah disediakan mobil penjemputan untuk menuju sekolah unggulan darul Hikam yang memiliki beberapa prestasi. Oleh sebab itu pesantren tahfidz Quran di Mojokerto ini juga salah satu yang terbaik.

Pesantren Tahfidz Quran Mojokerto Khusus Putri

Pesantren tahfidz Quran Mojokerto Darul Hikam ini benar-benar mengistimewakan santri putri, sehingga terpisah dari kampus putra. Butuh 20 menit menggunakan kendaraan ke santri putra. Kemungkinan untuk memikirkan santri putra menjadi mengecil. Belum lagi kawasan asrama yang steril dari kalangan Adam.

Yang istimewa tentu saja guru-guru tahfidznya yang tersedia dua puluh empat jam di lingkungan asrama dan memiliki sertifikat dari pesantren tahfidz terkemuka. Sehingga saya lebih menyimpulkan ini adalah pesantren tahfidz yang berhias Islamic Boarding School bukan Islamic Boarding School berhias pesantren tahfidz.

Terlebih pesantren tahfidz ini berada di daerah Mojokerto, daerah yang dikenal sebagai tujuan wisata pegunungan selain Malang untuk wilayah Jawa Timur. Sehingga suasananya cukup tenang, dan udaranya tidak begitu panas dibaGedung Darul Hikam | salah satu Pesantren Tahfidz Quran Terbaikndingkan dengan Surabaya. Oleh sebab itu wilayah Mojokerto memang cocok untuk hadirnya pesantren tahfidz Quran khusus putri.

Biayanya sendiri dalam hitungan kami cenderung nanggung. Untuk di kelas pesantren tahfidz Quran di Jawa Timur tergolong tinggi, Rp. 30.000.000 untuk masuknya, dan 2,4 juta untuk perbulannya (harga bisa saja berbeda). Saya update pada awal 2018. Biaya ini sudah all in, tidak ada biaya muncul lagi.

Tapi untuk masuk di kelas biaya boarding school, Darul Hikam Mojokerto juga paling bawah. Bandingkan dengan boarding school seperti al Izzah yang mendekati angka Rp. 40.000.000-an, atau Tazkia yang mirip-mirip di angka itu, atau Al Hikmah Boarding School Batu yang mencapai angka Rp. 60.000.000 untuk masuknya dan Rp. 4.500.000 untuk bulanannya. Darul Hikam Mojokerto benar-benar pesantren tahfidz Quran khusus putri yang berada standard dengan kualitas yang cukup lumayan.

Saran saya jika ingin masuk ke pesantren ini daftar saja terlebih dahulu melalui online. Atau berkunjung terlebih dahulu dan perhatikan pengajaran tahfidznya. Secara kualitas pendidikan kami rekomendasikan. Tapi kalau ingin kecepatan tahfidz, saya kira lebih baik pesantren khusus tahfidz. Ini adalah pesantren tahfidz dengan pendidikan formal yang cukup baik. Atau bisa menghubungi 0811-3520-100. Akan ada ustadzah yang melayani dengan ramah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *