Tips Menghafal Quran

Pesantren Tahfidz Quran Dewasa | Darul Hikam

Pesantren tahfidz Quran dewasa tidak banyak di Indonesia. Umumnya pesantren tahfidz Quran untuk usia 12-18 tahun. Atau usia 8-12 tahun. Sedangkan pesantren tahfidz Quran dewasa selepas SMA tidak banyak. Kali ini kami akan membahas pesantren tahfidz Quran Darul Hikam.

Darul Hikam terletak di Mojokerto. Sebenarnya jenjang pendidikannya cukup banyak. Pesantren juga ada yang reguler. Tidak khusus tahfidz. Tapi Darul Hikam yang akan kami bahas adalah pesantren tahfidz Quran khusus putri Darul Hikam.

Pesantren ini memang dikhususkan untuk putri saja. Usia yang diperuntukan bisa SMP dan SMA, tapi juga menampung yang dewasa. Artinya datang ke pesantren di kecamatan Puri ini hanya untuk menghafal saja, tidak ikut sekolah.

Metode Pesantren Tahfidz Quran Dewasa

Setiap santri yang masuk akan diasramakan. Tidak bisa yang hanya menghafal kemudian pulang. Karena tahfidz Quran akan berawal dari bangun tidur hingga tidur kembali. Setiap santri pun akan diberikan disiplin waktu untuk menghafal.

pesantren tahfidz quran dewasaBangun tidur qiyamul lail. Mulai menghafal sebenarnya selepas subuh. Namun ketika kami wawancara kepada santri yang ada di Darul Hikam Mojokerto, rata-rata sudah mengulang hafalannya ketika shalat malam. Ada yang jam 3, ada yang jam 3:30 mengulang sedikit hafalannya.

Baru kemudian selepas subuh menghafal kembali. Jika yang reguler ada pemberian vocabulary, tapi kalau yang dewasa fokus menghafal. Pagi ada yang namanya musyafahah bit talqin. Ini adalah metode dimana guru akan mengucapkan satu ayat, santri akan mengikuti. Pembiasaan.

Untuk waktu menghafal, hampir semua jam difokuskan untuk menghafal hingga pukul 21:30. namun ada waktu selepas subuh, untuk ibadah khusus, siang ada waktu istirahat untuk tidur, dan sore untuk olah raga.

Fasilitas Pesantren Tahfidz Quran Dewasa

Untuk fasilitas, kami akui Darul Hikam Tahfidz khusus putri adalah salah satu yang terbaik. Meskipun ini adalah pondok pesantren, namun asrama khusus santri tahfidznya seperti boarding school. Setiap kamar cukup luas, dengan ranjang tingkat. Almari pun disediakan.

Setiap kamar mendapatkan pendingin ruangan. Sehingga santriwati sangat nyaman untuk menghafal al Quran. Kamar mandinya  pun cukup bagus. Untuk fasilitas lainnya juga tersedia di dalam gedung Darul Hikam.

Kecuali renang. Fisilitas ini dikerjasamakan dengan gelanggang renang dengan jarak sekitar satu kilo meter. Semua sudah dikondisikan khusus. Sehingga santriwati Darul Hikam pada hari tertentu bisa menikmatinya.

Makan pun tidak mengecewakan. Makan di pesantren ini tiga kali. Lauknya cukup memadai. Jika pernah ke sana, maka cobalah melihat bagaimana santriwati makan di dapur pesantren. Terlihat sangat lahap sekali.

Durasi Menghafal Quran di Darul Hikam

Jika bersama pendidikan formal waktu menghafal bisa sampai empat tahun. Meskipun ada yang cepat hingga tiga tahun. Rata-rata satu hari mampu menghafal satu halaman. Tapi tidak semua datang langsung bisa menghafal.

Setiap santri akan melalui proses tahsin terlebih dahulu. Perbaikan membaca al Quran. Prosesnya masing-masing santriwati berbeda. Ada yang hanya satu bulan. Ada yang bisa sampai tiga bulan. Namun selepas itu setiap santri akan cepat menghafal.

Sedangkan santri dewasa, atau yang hanya menghafal, waktu yang dihabiskan antara 1.5-2.5 tahun. Jika Anda lulus kuliah, akan sangat fokus menghafal. Bisa jadi satu tahun sudah hafal. Kuncinya memang jangan memikirkan sesuatu selain menghafal Quran.

Keistimewaan Pendidikan Tahfidz Quran

Menurut saya ada keistimewaan pesantren tahfidz Quran dewasa yang satu ini. Selain fasilitas yang cukup mumpuni, pesantren ini juga memiliki ciri khas dalam penekanan ibadah penunjang tahfidz Quran.

Di antaranya adalah selepas shubuh yang membaca istighfar, shalawat, dzikir ma’surath, dzikir marwiyat ‘an anis shohabah wattabin. Durasinya lumayan lama, 45 menit. Juga ada shalat sunnah isra’.

Selepas magrib ada lagi amalan demikian dengan durasi waktu yang hampir mirip. Bahkan untuk menghukum santri, KH. Masruhan Choteb juga menekankan kepada hukuman melakukan shalat sunnah sekian rakaat.

“Biar ibadahnya memperbaiki perbuatannya,” begitu pendapat kyai kelahiran Nganjuk ini.

Simak wawancara pengalaman santriwati Darul Hikam Tahfidz Quran Mojokerto di sini

Biaya Pesantren Tahfidz Quran Darul Hikam

Untuk biaya mondok di pesantren tahfidz Quran dewasa ini cukup standard dengan kualitas dan fasilitas yang dihadirkan. Untuk pendaftaran Rp. 30.000.000,- sedangkan untuk bulanan menghabiskan biaya Rp. 2.400.000.

Informasi lengkap bisa menghubungi ustadzah Iin di nomor 0821-4016-6166. Setahu kami pendaftaran juga bisa menghubungi nomor tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *