Tips Menghafal Quran

Pendidikan Unik di Pesantren Tahfidz Qur’an Darul Hikam

Pesantren Tahfidz Quran

Pesantren tahfidz quran biasanya memiliki dua pilihan pendidikan. Khusus menghafal saja sehingga pendidikan umumnya diabaikan. Atau pendidikan formal yang bagus sehingga program tahfidz Quran hanya sebatas menjadi hiasan saja. Biasanya lulus SMA bisa hafal lima juz.

Kali ini saya akan mengulas pendidikan pesantren tahfidz Quran yang menggabungkan dua aspek, formal dan tahfidz Quran dengan bagus. Yaitu pondok pesantren tahfidz Quran Darul Hikam Mojokerto Jawa Timur. Menurut kami ini adalah salah satu pesantren tahfidz Quran terbaik yang ada di Indonesia.

Pesantren Tahfidz Quran Darul Hikam Mojokerto

Darul Hikam Mojokerto sudah dikenal melalui pendidikan pesantren reguler. Jenjangnya jelas, dari tingkat menengah, hingga jenjang atas. Prestasinya juga cukup banyak, seperti selalu menjadi peserta lomba di luar negeri, dan juga pernah meraih juara untuk robotic di Jepang. Identitas yang membuat pesantren ini melejit adalah pesantren yang menekankan pendidikan adab dan akhlaq melalui terapi dzikir.

Namun demikian Darul Hikam juga membangun pesantren tahfidz Quran di Jawa Timur yang dikhususkan untuk santriwati putri. Bisa dikatakan target utamanya adalah membangun bangsa di waktu yang akan datang. Karena membangun bangsa yang baik, berarti membangun generasi wanita yang baik.

Pesantren tahfidz Quran di Mojokerto ini siapa saja bisa masuk, kecuali anak-anak. Nantinya setiap anak akan diklasifikasikan berdasarkan kemampuan membaca Quran. Jika sudah bisa tapi belum fasih, maka akan masuk tahsin. Jika belum bisa, maka akan masuk pembelajaran awal. Jika sudah baik, maka akan masuk ke dalam tahfidz. Berjenjang inilah yang mempuat pola pembelajaran al Quran di Darul Hikam Mojokerto berjalan dengan rapi.

Keistimewaan Pesantren Tahfidz Quran Darul Hikam

Yang istimewa, di pesantren tahfidz Quran putri ini ada metode yang namanya musyafahah bit talqin. Dengan kata lain melalui metode talqin, yaitu gurunya malafalkan al Quran, nantinya santriwati akan menirukan. Seperti layaknya Rasulullah yang dipandu oleh malaikat Jibril. Oleh sebab itu belajar di pesantren tahfidz Quran putri ini bisa untuk siapa saja.

Pendidikan Akhlaq di Pesantren Tahfidz Quran

Pada aspek pembinaan akhlaq juga dilakukan dengan baik. Di antaranya adalah identifikasi akhlaq santriwati melalui kegiatan sehari-hari, dan pergaulan dengan para santri di sekelilingnya. Jika terlihat ada kendala, maka yang disentuh adalah pembinaan akhlaqnya. Caranya dengan pendampingan dan dzikir yang diberikan.

Jika didapati anak yang memang sudah melampaui batas, maka yang akan dilakukan pihak pesantren adalah mengirimkannya ke pondok yang lebih minim fasilitas. Tentu saja melalui diskusi dengan orang tua. Maksudnya agar santri memahami bahwa dirinya beruntung, ada yang lebih prihatin hidup. Sehingga tidak boleh congkak dan lain sebagainya.

Efeknya, saya berkesempatan bertemu tiga santriwati yang baru dua bulan menghafal Al Quran di Pesantren Tahfidz Quran Darul Hikam. Ketika ketemu mereka, meskipun saya sudah menikah, mereka terlihat sangat menjaga sekali pandangan. Dan lagi sedikit bicara.

Ketika saya konfirmasi ke ustadz Abdul Majid sebagai Pembina santri, lulusan Gontor tahun 2004 ini menjawab, “Penghafal Al Quran harus memiliki akhlaq layaknya apa yang ada dalam al Quran. Sehingga akhlaq menjadi perhatian utama.”

Faktanya, rata-rata dari tiga anak ini memiliki kemampuan kecepatan menghafal satu juz selama satu bulan. Artinya kecepatan menghafal santriwati di pesantren tahfidz Quran putri di Jawa Timur ini membutuhkan waktu sekitar tiga tahun untuk menghafal satu al Quran dengan penuh.

Waktu Menghafal di Pesantren Tahfidz Quran Darul Hikam

Sebelum subuh, setiap santri memiliki waktu yang berbeda-beda. Bisa bangun pukul tiga pagi, bisa bangun pukul 3:30 pagi. Agendanya sama, tahajud. Hal ini memang menjadi amalan pokok bagi penghafal al Quran di pesantren tahfidz Quran dari sebelum subuh.

Namun yang istimewa, hampir semua menghafalkan al Quran. Padahal tidak ada kewajiban. Kewajiban menghafal akan dimulai selepas subuh. Artinya saya menyimpulkan, santriwati yang ada di pesantren tahfidz Quran Darul Hikam Mojokerto ini sudah bisa menyatu dengan al Quran, atau sudah sangat senang dan dekat dengan al Quran. Sehingga tidak disuruh pun mereka sudah menghafal al Quran.

Barulah nantinya selepas subuh mereka mulai menghafal. Suasana yang ada di pesantren ini memang sangat mendukung. Pertama, suasana begitu sepi. Gedung tiga lantai berada di tengah-tengah sawah. Kedua, kenyamanan tinggi. Setiap kamar dilengkapi dengan pendingin ruangan. Sehingga tidak menjadi penghalang jika cuaca tidak bersahabat.

Jika sudah memasuki waktu pukul tujuh, mereka akan kembali menghafal Quran, kali ini akan didampingi oleh ustadzah yang telah hafal dengan ijazah bersanad. Bukan penghafal Quran sendirian tanpa pendamping seperti yang sedang populer sekarang. Bisa dikatakan waktu inilah yang paling efektif untuk menghafal Quran bagi santri pesantren tahfidz Darul Hikam Mojokerto. Ini adalah pesantren penghafal Quran.

Siang selepas dhuhur barulah para santri akan belajar pendidikan formal. Uniknya adalah tidak semua pendidikan formal diajarkan. Hanya khusus yang materi untuk UAN saja. Dengan model demikian, santriwati tidak terbebani dengan materi non UAN. Efeknya pembelajaran tahfidz Quran tetap berjalan dengan fokus dan lancar.

Cara belajarnya pun berbeda. Guru didatangkan dari pesantren Darul Hikam Mojokerto yang reguler. Seperti sekolah para raja-raja yang mendatangkan gurunya ke tempat belajar. Dengan cara demikian, santriwati tidak perlu lelah. Tidak lupa juga, pembelajaran Al Quran menjadi tetap terjaga.

Selepas ashar inilah saat paling menegangkan bagi mereka. Mereka harus menyetor hafalan ke kyai Masruhan Choteb. Saya menyaksikan sendiri proses setoran. Dilaksanakan antara pukul 16:00 sd 17:00. Berjalan khidmat dan khusyu.

Pesan Kyai Pesantren Tahfidz Quran Darul Hikam

Saya bertanya apa pesan kyai kepada santriwati, salah satu dari tiga santriwati menjawab, “Menghafal Quran yang terpenting bukan cepatnya, tapi dijaga dan diamalkan setiap yang sudah dihafalkan.” Sehingga santriwati terlihat enjoy dan tidak mengejar target.

Kalau malam pun saya bertanya kembali, kegiatannya apa. Jawaban mereka sama, menghafal al Quran lagi. Wow, bagi saya mereka sudah menyatu dengan al Quran. Karena satu hari, hampir seluruh hidup diberikan untuk kegiatan menghafal al Quran.

Pendidikan uniknya adalah dalam aspek bagaimana santri menghafal Quran tetap mendapatkan porsi pendidikan formal yang bagus. Jika kita hitung durasinya baik-baik, maka proses menghafal Quran hanya membutuhkan waktu 3-4 tahun. Artinya jika diurut hingga selesai menengah atas, akan ada sisa waktu dua tahun.

Dua tahun inilah difungsikan sebagai pematangan potensi, minat, dan bakat siswa. Ketika sudah hafal al Quran yang dilakukan adalah menjaganya saja. Adapun santri memiliki kegiatan mengikuti kelompok-kelompok belajar menyesuaikan dengan niat ke mana arah pendidikan lanjutan yang akan ditempuh.

Pesantren tahfidz quran
Pesantren tahfidz quran Darul Hikam Mojokerto

Jika ingin melanjutkan ke luar negeri, maka akan dibimbing khusus dalam pendidikan bahasa. Jika arahnya ke Barat, akan ditempa pendidikan bahasa Inggris. Jika arahnya ke Timur, akan ditempa pendidikan bahasa Arab secara intensif. Oleh sebab itu lulusan dari pesantren ini tidak jarang yang ke Turki, Mesir, dan Negara besar destinasi pendidikan.

Jika memiliki minat dalam bidang tertentu, seperti Robotic, santri akan dikhususkan untuk mempelajari bidang tersebut. Terutama untuk disiapkan dalam lomba-lomba. Seperti lomba Robotic tingkat Asia. Uniknya pesantren ini rajin mengikuti lomba di luar negeri.

Jika memiliki minat dalam bidang ekstra lainnya juga memiliki pola demikian. Bagi saya ini adalah pola percepatan yang baik. Dalam arti, pendidikan tahfidz Al Quran berjalan dengan optimal. Pendidikan formal juga berjalan dengan optimal. Oleh sebab itu kami merekomendasikan siapa saja yang ingin belajar al Quran sekaligus pendidikan formal dengan seimbang untuk masuk di pesantren tahfidz Quran di Jawa Timur Indonesia ini.

Kekurangan Pesantren Tahfidz Quran Darul Hikam

Meskipun demikian tidak mungkin pesantren ini tidak memiliki kekurangan. Pesantren tahfidz Quran Darul Hikam Mojokerto memiliki kekurangan dalam aspek waktu. Maksudnya, jika santri hanya belajar dalam jangka waktu dua tahun saja, maka yang matang hanya dalam aspek Quran. Adapun aspek pendidikan formal tidak dinikmati dengan baik. Pendidikan formal akan digenjot di tahun selepas sudah khatam al Quran.

Semua kembali ke pilihan orang tua masing-masing. Saran saya, survey terlebih dahulu. Karena kesan masing-masing bisa saja berbeda. Ini adalah kesan yang kami rasakan ketika berkunjung beberapa kali ke pondok pesantren tahfidz Quran Darul Hikam Mojokerto.

Biaya Pesantren Tahfidz Quran Darul Hikam

Untuk biaya, pondok pesantren tahfidz quran ini tergolong di bawah boarding school pada umumnya. Biayanya RP. 30.000.000. Bandingkan dengan sekolah boarding yang berada di wilayah Batu berkisar Rp. 40.000.000 hingga Rp. 60.000.000. Bisa dikatakan cukup proporsionil dengan beragam fasilitas yang dimilikinya.

Info lebih lanjut bisa menghubungi 0811-3520-100. Akan ada ustadzah yang melayani dengan ramah.

3 Replies to “Pendidikan Unik di Pesantren Tahfidz Qur’an Darul Hikam”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *