Keistimewaan Penghafal Al Qur'an

Pesantren Tahfidz Lirboyo Kediri | Hafalan Quran Setiap Hari

Pesantren tahfidz Lirboyo Kediri | Saat ini semakin banyak pesantren atau sekolah-sekolah tahfidz yang tersebar di seluruh Indonesia. Di Jawa Timur sendiri ada Pesantren Putri Tahfidz Qur’an Lirboyo. Pesantren Tahfidz Qur’an Lirboyo merupakan salah satu unit dari Pondok Pesantren Lirboyo yang terletak di Kota Kediri, tepatnya di sebelah Barat Sungai Brantas, Lembah Gunung Wilis.

Berikut ini, ulasan singkat tentang keunggulan pesantren tahfidz Lirboyo Kediri yang dapat diinformasikan kepada Anda.

Sejarah Pesantren Tahfidz Qur’an Lirboyo

Pesantren yang berdiri sejak Tahun 1986 lalu, didirikan tanpa rencana. Kala itu, datanglah seorang tamu dari Bojonegoro. Beliau datang menghadap KH. Ahmad Idris Marzuqi dan meminta ijin agar anaknya, Arifah dapat mengabdikan diri untuk berkhidmah.

Meski sempat menolak secara halus permintaan tersebut, namun pada akhirnya KH. Ahmad Idris Marzuqi pun mengijinkan Arifah mengabdi kepada keluarganya. Selain itu, Arifah juga diperkenankan untuk mengikuti rutinitas Nyai Hj. Khodijah saat sedang lalaran menghafal Al-Qura’an.

Lamban laun, kegiatan Arifah menarik minat beberapa santri lain untuk ikut berkhidmah. Sehingga muncullah angan-angan KH. Idris Marzuqi untuk membangun sebuah asrama bagi santri-santri tersebut. Perkembangan unit Pesantren Tahfidz Qur’an Lirboyo terbilang cepat.

Di mana pada tahun 1992 dibangun gedung tiga lantai. Bangunan ini dibuat tepat di sebelah kediaman KH. Idris Marzuqi khusus untuk para santri Pondok Pesantren Putri Tahfidz Qur’an (P3TQ). Kemudian KH. Idris Marzugi mengukuhkan bangunan tersebut dengan nama “Tahfizhil Qur’an”. Inilah sejarah pesantren tahfidz Lirboyo Kediri.

Keunggulan Sistem Pendidikan di P3TQ Lirboyo

Pondok Pesantren Putri Tahfizhil Qur’an Lirboyo berbasis Tahfidz Qur’an, di mana para santri dididik untuk lebih mencintai dan mengamalkan Al-Qur’an. Selain itu, santri juga dibina agar tetap mempertahankan nilai-nilai salafiyah.

Sebagai salah satu pesantren salafiyah berbasis tahfidz qur’an terbaik di Wilayah Jawa Timur maka P3TQ terus berupaya menjadikan santri-santri yang berilmu, berakhlakul karimah Selain itu juga membentuk santri untuk beraqidah ahlusunnah wal jamma’ah dan mampu menghafal Al-Quran.

Demi menggapai visi pesantren ini, maka dibentuklah beberapa unit pendidikan unggulan di pesantren tahfidz Lirboyo Kediri, yaitu :

  1. Pendidikan Al-Qur’an Bin Nazhori dan Bil Ghoibi

  2. Madrasah Hidayatul Mubtadi’at Fittahfizhi Wal Qiro’at (MHMTQ)

  3. Madrasah Diniyah Al-Muktamar

  4. TPQ Al-Muktamar

  5. Jam’iyyah Qurra’ Al-Muktamar

Kegiatan Harian dan Ekstrakuliker Santri P3TQ

Para santri harus melaksanakan kegiatan secara terjadwal dengan tertib dan patuh. Dimulai pukul 4 pagi hingga pukul setengah sebelas malam. Selain melaksanakan sholat 5 waktu berjama’ah, mereka juga mempunyai rutinitas ngaji sorogan , deresan, sekolah MHMTQ hingga musyawarah. Para santri juga diajarkan tentang seni baca Al-Quran, Qiro’at, Diba’iyah, Barzaniyah, Burdah dan membaca kitab Manaqib (Manaqibyah).

Para santri di P3TQ tidak hanya belajar ilmu agama saja, mereka juga dikenalkan dengan kegiatan ekstrakuliker lainnya. Misalnya extrakurikuler Bahasa Inggris dan juga Arab. Bahkan para santri diharuskan berbahsa Arab atau Inggris setiap harinya. Selain itu juga terdapat extrakurikuler pidato, jurnalistik, keterampilan membuat bingkisan parsel, keterampilan tata busana hingga audio visual.

Sarana – Prasarana Lingkungan P3TQ Lirboyo

Pondok Pesantren Tahfidz Lirboyo dibangun di tanah seluas 77.885 M. Jika memasuki area lingkungan ponpes ini, maka Anda akan disuguhkan dengan pemandangan nyaman dan bersih. Karena setiap hari telah dijadwalkan pembagian piket para santri untuk membersihkan keseluruhan area ponpes.

Area Ponpes Tahfidz Lirboyo dibagi dua, yaitu area Barat dan Timur. Pada sisi bagian Barat ditempati oleh santri Ibtidaiyah dan Tsanawiyah, sedangkan sisi timur ditempati oleh para santri dari jenjang Aliyah.

Di ponpes ini terdapat banyak sekali kamar mandi, sehingga tidak perlu meragu atau takut jikalau harus antri panjang dengan santri yang lain. Apalagi jenis kamar mandinya sendiri-sendiri. Area Ponpes ini memang tertutup, akan tetapi untuk memudahkan para santri memenuhi segala kebutuhannya, di dalam Ponpes terdapat koperasi serbaguna.

pesantren tahfidz lirboyo kediri

Keistimewaan Pesantren Tahfidz Lirboyo Kediri

Sebagai ponpes salafiyah yang mengedepankan kesederhanaan tampak dari busana wajib para santri. Mereka hanya memakai sarung dan baju panjang dalam keseharian. Mereka juga makan bersama dalam satu wadah atau biasa disebut tajammu’.

Ponpes ini memang mengusung konsep kebersamaan, sehingga banyak kegiatan yang memang dilaksanakan secara bersama-sama. Sehingga di pesantren tahfidz Lirboyo Kediri ini akan tumbuh rasa kekeluargaan yang kental.

Biaya Pesantren Tahfidz Lirboyo TA 2020/2021

Bagi Anda yang ingin ikut mondok di pesantren ini tidak perlu bingung dengan biaya, karena biaya pendidikan di sini cukup terjangkau. Berikut ini rinciannya :

  • Bagi santri baru, total biaya pendaftaran adalah Rp. 735.000, – dan uang seragam Rp. 202.000 untuk ukuran S, M, L. Sedangkan untuk ukuran seragam XL dikenakan biaya Rp. 207.000, -. Sementara jika seragam ukuran L3/ L5 biayanya sebesar Rp. 210.000.

  • Biaya untuk santri lama sebesar Rp. 452.000,-

  • Selain biaya tersebut, santri akan ditarik biaya makan per bulan sebesar Rp. 222.000,-

Alamat Pesantren Tahfidz Quran Lirboyo

Pondok Pesantren Putri Tahfidz Lirboyo ini terletak di Jl. H. Winarto Campurejo Kota Kediri- Jawa Timur. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa menghubungi melalui telepon di (0354) 771856-780805 atau mengakses website Pesantren tahfidz Lirboyo di https://lirboyo.net/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *