Pesantren Tahfidz Quran Sulawesi Gratis | Darul Huffadh Tuju-tuju

Pesantren tahfidz Quran Sulawesi | Pesantren Darul Huffadz merupakan salah satu pondok yang berada di Tuju-tuju, Bone. Pesantren ini juga terkenal dengan sebutan pesantren 77. Pesantren ini terletak di desa Tarasu, kurang lebih 66km dari Kota Watampone, Bone.

Ribuan santri berasal dari beberapa daerah di seluruh Indonesia bahkan Malaysia. Perlu diketahui, pesantren ini bukanlah anak cabang Gontor meskipun para alumni Gontor turut andil dalam pengembangan sistem pembelajarannya. Berikut informasi lengkap tentang ponpes ini.

https://panduanterbaik.id/pesantren-mojokerto-darul-hikam-tahfidz-quran/

Sejarah pendirian

Bertempat di Kampung Tuju-tuju, Kecamatan Kajuara, Bone-SULSEL, pondok ini resmi didirikan oleh KH. Lanre Said tanggal 7 Agustus 1975. Kala itu, pondok ini hanya memiliki 7 santri. Pada saat itu, pihak pemerintah Sulawesi Selatan tidak menyetujui pendirian pondok ini, bahkan masyarakat sekitar juga tidak berkenan berinfaq untuk pembangunan pondok. Alhasil, para santri hanya menjalankan majelis biasa saja, yang bernama “Majlis Qurro’ Wal Huffadz.”.

Tepat tahun 1989 Pesantren tahfidz Quran Sulawesi ini mulai mengembangkan sistem pendidikan KMI (Kulliyyatul Mu’allimin al-Islamiyah). Tepat di tahun 1993 majelis tersebut berganti nama menjadi Pondok Pesantren Darul Huffadh yang diresmikan oleh Bupati Bone periode itu. Untuk melebarkan sayap, maka pada tahun 1997 didirikan pondok pesantren untuk putri.

Sistem pembelajaran / kurikulum

Pondok Pesantren Darul Huffadz merupakan sebuah lembaga pendidikan yang berpegangan teguh pada Al-Qur’an dan Hadits dalam setiap aktivitas sehari-hari. Untuk sistem pembelajaran yang dipakai adalah mensinergikan Tahfizul Qur’an dan Kulliyatul Muallimin Al-Islamiyah (KMI).

Terdapat dua jenjang pendidikan, yaitu setingkat MTs dan Madrasah Aliyah. Sementara kurikulum yang digunakan adalah kurikulum KMI Gontor dan juga dari Madrasah Negeri yang ada di wilayah tersebut. Kurikulum kepesantrenan yang diterapkan di pondok ini adalah kurikulum modern.

Setiap alumni pondok diwajibkan untuk melakukan pengabdian selama setahun sebagai tim pengajar di pesantren. Mereka akan dibagi sesuai dengan keterampilan masing-masing.

Metode hafalan santri

Sebagai pondok tahfidz, sudah seyogyanya jika para santri akan digembleng dalam hafalan Al-Qur’an. Mereka mempunyai kewajiban untuk menyetorkan hafalan beberapa juz di setiap semester atau di waktu ujian kenaikan kelas. Ada target hafalan yang diberlakukan di pondok ini, meliputi target personal dan target kenaikan kelas.

Untuk target kenaikan kelas, setiap santri harus menyetorkan 2 juz per tahunnya. Sedangkan untuk target personal, maka santri wajib khatam Al-Qur’an dalam kurun waktu 3 tahun.

Kegiatan Intra dan Ekstrakurikuler

Ada beberapa kegiatan intra yang dilakukan para santri pesantren tahfidz Quran Sulawesi ini, setelah sholat subuh mereka menggelar kegiatan mangolo subuh, mufrodat setiap pagi, dan mendaras Qur’an di kala sore hari. Evaluasi hafalan dilakukan setiap kamis dan setiap hari Juma’t pagi dilaksanakan muhadatsah. Setiap jumat juga dilaksanakan kegiatan lari pagi bersama berkeliling daerah sekitar wilayah pondok.

Ada satu ekstrakurikuler andalan yang ada di Pondok Tahfidz Darul Huffadh ini, yaitu pencak silat dengan nama persatuan “PERSIDHA”. Pencak silat boleh diikuti oleh santriwan atau santriwati agara mempunyai bekal untuk melindungi diri sendiri. Selain itu, ada juga kursus bahasa, seni, pramuka dan komputer. Beberapa ekstrakurikuler yang ada di pondok ini dikelola langsung oleh pengurus pondok.

Keistimewaan Pondok Pesantren Tafidz Darul Huffadh

Setiap santri di Pondok Pesantren Tahfidz Darul Huffadh diwajibkan menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris dalam kesehariannya. Di mana per dua minggu berkomunikasi menggunakan Bahasa Arab, dua minggu selanjutnya menggunakan Bahsa Inggris. Karena para pengurus Darul Huffadh berkeinginan agar para santri dapat membaca dan memahami buku-buku yang berbahasa Arab.

Sebanyak kurang lebih sekitar 1300 santriwan dan santriwati yang belajar di lembaga pendidikan ini. Pesantren yang saat ini dipimpin oleh putra KH. Landre Said terkenal sangat disiplin. Sehingga beliau tidak segan-segan mengeluarkan santri yang tidak tertib atau melanggar aturan.

Kedisplinan yang terus dipelihara inilah yang dapat mengantarkan beberapa alumni pesantren ini untuk mengenyam pendidikan di beberapa Universitas Luar Negeri. Seperti di Madinah, Syiria, Mesir, Iran, Malysia dan beberapa negara lainnya.

Suasana Pesantren

Pondok pesantren ini berdiri di tanah wakaf seluas 3 hektar dengan 70 pengajar yang rerata berasal dari alumni Darul Huffadh sendiri. Semua aktivitas santri tidak ada yang membuang waktu percuma karena telah terjadwal dengan teratur mulai dari jam 3 pagi hingga jm 10 malam.

Bebas biaya pendidikan

Pencetus pondok pesantren ini sejak awal menerima santri tanpa memungut biaya apapun alias gratis. Semua biaya baik uang pendaftaran, uang bulanan atau biaya semester ditiadakan. Biaya yang dikenakan kepada santri hanyalah untuk keperluan pribadi santri seperti seragam , buku/ uang jajan saja Lembaga ini berkembang tanpa ada donator dari manapun, kalaupun ada yang ingin berinfaq dipersilakan tanpa ada paksaan.

Alamat lengkap

Pondok pesantren ini terletak di Desa Tarasu Kecamatan Kajuara- Bone, Sulawesi Selatan. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor telepon (0482) 2426216. Inilah salah satu pesantren tahfidz Quran Sulawesi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *