pesantren tahfidz quran dewasa

Pendidikan Formal di Pesantren Tahfidz Quran | Darul Hikam

Pendidikan formal di pesantren tahfidz Quran menjadi pertanyaan tersendiri. Hal ini mengingat tidak semua pesantren tahfidz mewajibkan santrinya mengenyam pendidikan formal. Selalu ada yang datang ke pondok pesantren hanya untuk menghafal al Quran. Seperti di Pesantren Tahfidz Madrasatul Quran, atau di Pesantren Tahfidz Lirboyo, dan beberapa pesantren tahfidz Quran lainnya.

Biasanya harus ada yang dikorbankan. Jika fokus pada tahfidz Quran 30 juz, maka pendidikan formalnya dikesampingkan. Entah sepenuhnya tidak sekolah formal. Atau nantinya mengikuti kejar paket, untuk mendapatkan ijazah kelulusan.

Sebaliknya, jika tahfidz hanya menjadi sampingan dari pendidikan formal, maka yang terjadi justru tahfidz Quran biasanya berjalan tidak sempurna. Bisa hanya mendapatkan lima belas juz saja, atau dua puluh juz saja. Sedangkan untuk mengkhatamkan satu Quran bukanlah persoalan yang mudah.

Metode Pendidikan Formal di Pesantren Tahfidz Quran Darul Hikam

Hal berbeda terjadi di pesantren tahfidz Quran Darul Hikam, khusus putri. Pendidikan formal di pesantren tahfidz Quran yang terletak di Mojokerto ini didisain agar tidak mengganggu aktivitas tahfidz Quran, tapi juga tetap menjaga unsur pendidikan formal pada jenjang SMP dan SMA.

pendidikan formal di pesantren tahfidz quranSaya pun baru menemukan pola demikian. Caranya adalah pendidikan formal tetap berjalan setiap harinya, namun hanya fokus pada materi-materi pelajaran yang akan diujikan di UAN. Artinya mereka tidak kuper dengan pendidikan formal.

Senin Matematika, Selasa IPA, Rabu IPS, Jum’at PPKN, Sabtu Bahasa Inggris. Maka setiap santriwati mendapatkan pendampingan pendidikan formal di pesantren tahfidz Quran Darul Hikam dengan intensif. Jamnya diseragamkan dan sudah diatur agar tidak mengganggu program tahfidz Quran.

Dengan cara ini setiap santriwati akan menempuh masa menghafal Quran selama 3 hingga 4,5 tahun dengan metode talaqqi bit talqin. Menurut kami durasi ini tidak begitu cepat seperti di pesantren-pesantren yang hanya fokus menghafal Quran, tapi juga tidak terlalu lambat seperti di pesantren-pesantren yang hanya menjadikan tahfidz sebagai pendamping pendidikan formal.

Keistimewaan Pola Pendidikan Formal di Darul Hikam

Yang istimewa dari pola pendidikan formal di pesantren tahfidz Quran Darul Hikam adalah setelah santriwati selesai menghafal Quran. Mereka punya waktu siswa 1,5 tahun, atau 2 tahun tanpa menghafal Quran. Hanya mengulang hafalan saja. Waktu inilah yang ternyata diefektifkan untuk persiapan ke jenjang Universitas.

Jika dalam negeri, maka pendidikan IPA atau IPS yang dimatangkan. Fokus kepada bidang yang ingin ditekuni oleh santriwati. Sehingga persiapan menjadi lebih matang. Saya rasa di Indonesia pendidikan SMP dan SMA hingga enam tahun karena pendidikan ekstra di luar mata pelajaran inti cukup banyak. Pendidikan formal di pesantren tahfidz Quran ini justru fokus.

Sedangkan jika akan menempuh pendidikan di luar negeri, maka setiap santriwati mendapatkan tambahan pendidikan khusus bahasa. Ke Timur, bahasa arab. Ke Barat, bahasa Inggris. Oleh sebab itu alum pesantren Darul Hikam tersebar ke Eropa, dan Timur tengah.

Jika ingin bertanya-tanya tentang pesantren Darul Hikam, atau ingin masuk ke pesantren ini bisa menghubungi 0811-3520-100. Akan ada ustadzah yang melayani dengan ramah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *