Tes Qur’an Via Whats App | Pendaftaran Darul Hikam

Saya berkesempatan mengunjungi Darul Hikam Mojokerto pada bulan Januari 2019. Saat itu saya ingin melihat-lihat bagaimana pendidikan di Darul Hikam Mojokerto, dan bagaimana pendaftaran Darul Hikam. Saya kebetulan bertemu langsung dengan Ust. Abdul Majid sebagai kepala sekolah, juga KH. Masruhan Choteb sebagai pimpinan pesantren.

Darul Hikam Mojokerto menurut saya pondoknya tidak sebesar Gontor, Langitan, atau Sidogiri. Ini adalah pondok pesantren kelas menengah. Tidak terlalu besar, tapi juga tidak kecil. Santrinya berjumlah ratusan.

Pondok ini juga tidak terlalu mewah seperti Boarding School yang dipenuhi banyak fasilitas. Pesantren ini standard. Hanya yang saya lihat mencolok di Darul Hikam Tahfidz Quran khusus putri. Memang nyaman, ada AC di setiap kamar. Selebihnya hampir sama dengan pesantren pada umumnya.

Pesantren Tahfidz Quran Darul Hikam

Jika ke Darul Hikam, memang kita harus siap menyekolahkan anak sedikit lebih berat. Maksudnya, beban di pesantren yang berdiri pada tahun 2003 ini tidak hanya pendidikan formal dan pesantren saja, tapi setiap santri juga wajib tahfidz Quran.

Pilihannya hanya tahfidz Quran penuh di Darul Hikam, atau hanya sebatas tahfidz Quran biasa saja yang hanya wajib satu tahun dua juz. Tapi apa pun pilihannya, bahkan meski SMP atau SMA yang kita ambil, tetap memiliki konsekuensi tahfidz Quran. Oleh sebab itu pendaftaran Darul Hikam pun mengandung unsur tahfidz Quran.

Kebetulan saya datang selepas magrib, sehingga banyak santri yang sedang setoran kepada ustadz. Mereka akan mengantri seperti layaknya mengaji di pesantren Kempek Cirebon. Mengular meski tidak terlalu panjang.

Satu ustadz saya hitung kira-kira menangani sampai sepuluh santri. Masih wajar dalam pandang saya. Masih terlihat bisa dikendalikan.

Mereka akan menghafal sekitar setengah halaman setiap harinya. Bahkan ada yang lebih sedikit, juga ada yang lebih banyak. Tapi rata-rata demikian. Selepas itu shalat isya berjama’ah.

pendaftaran Darul Hikam MojokertoHukuman Unik di Darul Hikam

Uniknya, jika ketika tahfidz atau kegiatan pesantren lainnya terlambat, atau melakukan pelanggaran, hukumannya adalah shalat sunnah sekian rakaat. Weh, saya baru melihat ini. Saya konfirmasi ke kyai, alasannya agar shalatnya bisa mencegah kemungkaran selanjutnya.

Darul Hikam Mojokerto juga memiliki pesantren yang khusus tahfidz. Yaitu Darul Hikam Tahfidz Quran Putri. Pesantren ini sedikit terpisah, sekitar 15 menit jika menggunakan kendaraan roda dua. Pendidikan formalnya ada, tapi tidak kental. Hanya dilakukan dalam mata pelajaran pokok UAN saja. Selebihnya biasa.

Pendaftaran Darul Hikam Mojokerto

Pesantren tahfidz Quran bersanad ini biasanya membuka pendaftaran setahun sebelumnya. Jika ingin masuk tahun depan, sudah bisa masuk dari tahun sekarang. Kuota yang tersedia, biasanya satu jenjang hanya dua kelas. Misalkan laki-laki SMP satu kelas. Masalah klasik, gedungnya tidak cukup.

Pendaftarnya pun dalam pantauan kami banyak, biasanya bulan Juni sudah terpenuhi kuotanya. Selepasnya ditutup. Satu kelas hanya 25 orang. Artinya kuota yang tersedia tidak begitu melimpah.

Tapi daftarnya mudah. Melalui ujian via whats App. Ini yang menurut saya unik. Ujiannya adalah, diminta membaca ayat yang ditentukan, direkam di video Whats App dan menampakkan seluruh anggota badan. Nanti dikirimkan ke panitia. Kalau lancar lolos. Kalau tidak lancar, ditunda kelulusannya.

Nanti ada tim penyeleksi bacaan Quran di Darul Hikam Mojokerto. Lulus atau tidak.

Biaya Darul Hikam Tahfidz Quran

Kalau masalah uang pendaftaran ada perbedaan. Untuk Darul Hikam yang reguler, atau unsur tahfidz tidak full, hanya sekitar 6 juta. Anda lebihkan dua juta barangkali pembelian baju atau peralatan awal anak ketika masuk pesantren.

Kalau untuk yang khusus tahfidz Quran Putri, maka biayanya hingga Rp. 30.000.000,- meskipun dibanding pendidikan Boarding School masih murah, tapi saya juga bertanya-tanya, kenapa sampai segitu mahalnya.

Ternyata, unsur fasilitas dan pendampingan sangat berbeda. Yang khusus tahfidz dibuat senyaman mungkin. Ranjangnya, almarinya, bahkan kamar mandinya pun baik. Maksudnya agar santri tidak berpikir selain tahfidz Quran.

Kemudian pendampingan tahfidz dilakukan dengan rasio yang cukup sedikit. Maksudnya satu guru yang saya lihat menangani lima siswa. Maka biaya yang dikeluarkan pun menjadi lebih besar. Untuk bulanan sekitar 2.4 juta.

Yang saya senang, pelayanan kepada tamu di pesantren ini cukup standard. Kalau kita bingung di terminal, minta tolong, bisa ditunjukkan jalannya. Bahkan pulangnya jika memang kesulitan diantar. Saya memandang pelayanan di pesantren ini memang baik.

Pendaftaran Darul Hikam menurut kami unik dan menarik karena mengambil peran teknologi kekinian. Via Whats App bisa mendaftar. Yang terpenting juga pelayanan yang menarik.

Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi nomor 0811-3520-100. Bisa melalui whats App.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *