Metode tahfidz Quran

Metode Tahfidz Quran bit Talqin

Metode tahfidz Quran cukup banyak variasinya di pesantren-pesantren. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Bisa dikatakan kita tidak bisa menganggap rendah satu metode dibanding yang lain. Kali ini kami akan membahas metode tahfidz Quran bit Talqin.

Umumnya tahfidz quran memiliki metode dibaca berkali-kali. Satu halaman dibaca terlebih dahulu hingga berpuluh-puluh kali. Kemudian baru dihapalkan. Metode tahfidz yang demikian paling banyak digunakan oleh lembaga pembelajaran al Quran.

Metode Tahfidz Quran di Pesantren Darul Hikam

Di pesantren tahfidz Darul Hikam memiliki metode tahfidz Quran yang cukup unik, yaitu musyafahah bit talqin. Metode dalam secara artian adalah melafalkan untuk selanjutnya diikuti oleh yang mendengar. Talqin berarti menyampaikan sesuatu untuk ditirukan. Seperti layaknya orang yang akan meninggal ditalqin kalimat tauhid.

Metode ini digunakan oleh kyai Masruhan Choteb selaku pimpinan pesantren Darul Hikam Mojokerto di Malaysia dan Singapura, dan berhasil. Bahkan beliau memiliki buku khusus tentang tahfidz al Quran. Oleh sebab itu metode tahfidz quran yang satu ini sudah teruji.

Filosofi metode yang satu ini adalah seperti Rasulullah SAW. Rasul memiliki latar belakang sebagai seorang hamba yang buta huruf, tidak bisa membaca. Namun uniknya, Rasul penutup ini mampu menghafal al Quran. Inilah rahasia metode tahfidz al Quran bit Talqin.

Metode tahfidz Quran Pesantren Darul Hikam Mojokerto

Caranya malaikat jibril mengucapkan ayat al Quran, Rasulullah menirukan. Terus menerus polanya demikian. Cara ini pada akhirnya berhasil membuat Rasulullah mampu menghafal al Quran. Begitu pula metode tahfidz Quran musyafahah bit Talqin.

Kuncinya memang ada pada gurunya. Karena guru yang akan melafalkan dengan detil setiap ayat untuk ditirukan. Kefasihan guru yang nantinya akan diikuti oleh siswa dalam metode ini. Sehingga siswanya bisa melafalkan dengan sempurna.

Artinya metode tahfidz yang satu ini sesuai untuk usia berapa pun. Anak-anak pun bisa. Orang yang belum bisa membaca al Quran pun bisa. Anda pernah melihat anak kecil usia di bawah sepuluh tahun mampu menghafal Quran. Rata-rata menggunakan metode ini dari kecil oleh ibunya.

Kelebihan Metode Tahfidz Quran bit Talqin

Salah satu kelebihan dari metode yang satu ini adalah fleksibel digunakan untuk usia berapapun. Tapi kelemahannya, kalau gurunya jelek bahaya. Di Darul Hikam, pimpinan pondoknya memiliki sanad tahfidz al Quran. Sehingga hal ini tidak menjadi permasalahan besar.

Metode ini ketika diterapkan di pesantren Darul Hikam, rata-rata akan mampu menghafal Quran dalam waktu empat tahun dengan kualitas yang cukup baik. Oleh sebab itu metode yang satu ini bisa dikatakan menjadi salah satu metode tahfidz Quran yang direkomendasikan untuk digunakan.

7 Replies to “Metode Tahfidz Quran bit Talqin”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *