Darul Hikam Mojokerto – Pesantren Tahfidz Quran Salaf

Pesantren tahfidz Quran salaf Darul Hikam Mojokerto Jawa Timur merupakan pesantren untuk jenjang SMP-SMA dengan warna pesantren salaf khas NU Jawa Timur namun menggunakan sistem keseharian pesantren modern. Oleh sebab itu ketika Darul Hikam Mojokerto mendirikan pesantren tahfidz Quran khusus putri, hasilnya tidak jauh berbeda, pesantren tahfidz Quran dengan warna salah dan sistem modern.

Pesantren Tahfidz Quran Salaf Bernuansa Modern

Sistem modern yang ada di pesantren ini terletak pada unsur pengaturan waktu dan sistem asrama. Pengaturan waktu di pondok ini dari setiap menitnya sudah diatur dalam jadwal. Sehingga tidak ada istilah kegiatan diserahkan kepada santri untuk memilih secara mandiri. Semua sudah diatur dalam mekanisme pondok pesantren modern. Sehingga program tahfidz menjadi teratur dan padat.

Pesantren Tahfidz Quran Salaf
Pesantren Tahfidz Quran Salaf

Unsur modern yang selanjutnya adalah terletak pada pola pendampingan oleh pendamping, musyrif atau mudabbir yang menghitung rasio santri. Sehingga santri tertata dengan teratur. Satu guru akan menangani 15-an santri. Ukuran yang cukup untuk pesantren putri di asrama.

Namun Pesantren Tahfidz Darul Hikam Mojokerto juga memiliki unsur salaf yang sangat kental. Hal itu bisa terlihat dari kegiatan harian yang dilaksanakan di pesantren Tahfidz Quran khusus putri ini. Sebelum subuh santri harus bangun pukul 3.00 pagi. Di samping untuk membiasakan tahajjud, pola ini juga dilaksanakan agar terbiasa dengan ibadah-ibadah lain seperti dzikir, shalat hajad dan lain sebagainya.

Bahkan selepas subuh ada waktu khusus sekitar 30 menit untuk membaca sholawat, dzikir ma’surath, dzikir marwiyat ‘an anis shohabah wattabin wal ulama issalaf. Oleh sebab itu nuansa di pesantren ini benar-benar khas pesantren tahfidz quran salaf di wilayah jawa timur.

Pengelolaan Pesantren Tahfidz Quran Salaf Darul Hikam

Namun demikian secara asrama dikelola dengan apik menggunakan sistem Islamic boarding school seperti SMP dan SMA Islam terpadu. Asrama dengan empat lantai, full untuk kamar, kegiatan tahfidz, kamar mandi dan lain sebagainya disediakan dengan eksklusif.

Untuk kamar menggunakan ranjang bertingkat. Setiap anak tidak akan tidur di lantai menggunakan kasur tipis. Sehingga penyakit paru-paru basah yang biasanya ada pada santri diminimalisir. Kedua kamar mandi yang cukup dengan posisi di dalam asrama. Kalau biasanya asrama dengan kamar mandinya terpisah, ini tergabung menjadi satu gedung meski tidak satu kamar, sehingga tidak perlu jauh-jauh.

Hebatnya lagi pesantren tahfidz quran salaf khusus putri di Jawa Timur ini menggunakan AC di setiap kamarnya. Sehingga santri benar-benar merasakan kenyamanan berada di pondok pesantren.

Prinsip asrama putri yang harus terlindungi juga dilaksanakan dengan baik. Gedung yang menjulang tinggi berada di kepungan pagar. Sehingga unsur-unsur lain dari luar tidak bisa masuk dengan leluasa. Apalagi pesantren tahfidz quran salaf ini steril dari lingkungan santri putra. Oleh sebab itu kenyamanan untuk santriwati cukup baik.

Hanya saja di pesantren tahfidz quran salaf Darul Hikam ini bukan pesantren tahfidz Quran khusus putri yang diperuntukkan menghafal saja, tapi sekolah formal menjadi juga menjadi prioritas. Caranya, dengan pola antar jemput ke sekolah. Jaraknya hanya lima belas menit menggunakan mobil jemputan.

Pendidikan Formal di Pesantren Tahfidz Quran Salaf Darul Hikam

Sekolahnya disediakan di pesantren Darul Hikam yang memiliki sekolah dengan beberapa prestasi yang patut dipertimbangkan. Seperti pernah meraih nilai UAN tertinggi hingga mendapatkan sertifikat penghargaan dari Anis Baswedan selaku menteri pendidikan ketika itu. Juga memenangkan lomba robotic se-Asia di Jepang pada tahun 2017. Juga beberapa prestasi lainnya yang membuat kami melihat bahwa sekolahnya cukup baik.

Oleh sebab itu durasi tahfidz yang ditawarkan oleh pesantren tahfidz quran salaf khusus putri di Jawa Timur ini selama 4,5 tahun untuk mencapai 30 juz. Bagi kami menghafal dengan durasi ini standard, tidak terlalu lama, tidak juga terlalu cepat. Metodenya adalah talaqi bit talqin. Tahfidznya cukup baik dengan bimbingan guru-guru tahfidz yang memiliki sanad tahfidz hingga ke Rasulullah SAW. Waktu pendampingan juga sangat intensif karena gurunya berada di asrama. Apalagi mayoritas guru adalah putri. Kecuali ustadz penjaga asrama yang memang putra.

Apalagi tahfidz di pesantren ini mengedepankan keseimbangan antara pendidikan tahfidz yang intensif dan formal yang berprestasi. Oleh sebab itu unsur keseimbangan inilah yang menjadi titik lebih dari pesantren di Mojokerto ini.

Maka di pesantren tahfidz ini tetap ada yang namanya peminatan pada waktu jenjang SMA. Seperti bimbingan khusus bagi santri yang ingin melanjutkan ke jenjang lebih tinggi di luar negeri. Jika ke Barat akan ada pembinaan bahasa Inggris, jika ke Timur Tengah akan ada pembinaan bahasa arab lebih intensif.

Di pesantren tahfidz khusus putri di mojokerto ini ada juga ekstrakulikuler seperti robotic, sains, penulisan ilmiah, dan bimbingan olimpiade. Oleh sebab itu yang mondok di pesantren ini akan mendapatkan porsi pendidikan umum yang cukup baik. Bahkan untuk ekstrakuler lainnya juga tersedia seperti renang, memanah, olah raga kecil lainnya yang tidak membuat jenuh santri berada di pondok pesantren.

Bagi Anda yang menginginkan pesantren tahfidz khusus putri, pesantren ini menjadi rekomendasi dari kami. Apalagi jika Anda menginginkan perlindungan sekaligus kenyamanan bagi anak Anda. Untuk info bisa menghubungi 0811-3520-100. Akan ada ustadzah yang melayani dengan ramah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *