Tips agar anak mengahafal Quran

Cara Menghafal Al Quran dengan Cepat

Menghafalkan Al Quran dengan cepat adalah impian setiap umat Islam di dunia. Dengan keutamaan penghafal Al Qur’an yang sangat banyak, umat Islam berlomba-lomba untuk bisa menjadi penghafal Al Qur’an. Dengan adanya cara menghafal Al Quran dengan cepat, dapat mempermudah setiap insan yang berniat menghafal Al Quran untuk mencapai tujuannya. Berikut di antara tips cara menghafal Al Quran dengan cepat.

  1. Memantapkan niat dan azzam untuk menghafal Al Quran

Untuk menghafal Al Quran, yang pertama kali diperlukan adalah niat dan azzam untuk menghafal Al Quran. Azzam di sini berarti tekad yang kuat dan tidak mudah goyah dan putus asa. Sebagaimana pepatah Arab “jika sudah benar azzam seseorang, maka jalannya akan terbuka lebar”. Seringkali dalam perjalanan menghafal, terdapat kesulitan, kejenuhan, kebosanan dan sebagainya. Dengan mantapnya niat dan kuatnya azzam, rintangan-rintangan tersebut akan dapat dilalui dengan lancar, sehingga tujuan untuk menghafal Al Quran dengan cepat dapat tercapai. Selain itu, jangan sampai niat kita salah dalam menghafal Al Qur’an. Jika niat kita hanya sekedar untuk pamer dan riya’, maka proses menghafal kita akan menemui banyak kesulitan.

  1. Meninggalkan Kemaksiatan

Di saat mudanya, Imam Syafi’I, seorang ulama’ mazhab yang terkenal, memiliki kesulitan untuk menghafal. Kemudian beliau mengadu kepada gurunya Waqi’. Kemudian gurunya memberikan nasehat pada Imam Syafi’I untuk meninggalkan maksiat. Ilmu adalah cahaya, dan cahaya tidak akan diberikan kepada orang yang bermaksiat. Al Qur’an adalah wahyu Allah, merupakan sumber ilmu bagi umat manusia dan cahaya hidayah bagi muslimin muslimat di seluruh dunia. Cahaya hidayah AL Qur’an tidak akan diberikan kepada orang yang gemar bermaksiat. Maka untuk menghafalkan Al Qur’an dengan cepat, maka kita harus meninggalkan maksiat. Dengan kita meninggalkan maksiat, maka cahaya hidayah Al Qur’an akan lebih mudah masuk ke dalam diri kita dan insyaAllah kita dapat mengahafal AL Qur’an dengan cepat.

  1. Istiqomah dalam menghafal

Agar tujuan untuk menghafal Al Qur’an dapat tercapai, seseorang harus istiqomah. Istiqomah di sini berarti memiliki komitmen untuk meluangkan waktu setiap hari untuk menghafal Al Quran, sekalipun hanya satu jam per hari. Hal ini penting karena sebagaimana sabda Rasulullah SAW bahwa perkara yang paling disukai adalah kebaikan yang kontinu walaupun sedikit. Dengan kita istiqomah mengalokasikan waktu untuk menghafal secara kontinu, insyaAllah Allah akan memudahkan kita untuk menghafalkan Al Quran dengan cepat. Selain itu, istiqomah di sini bukan hanya untuk proses awal menghafal saja, tapi hingga proses muraja’ah (pengulangan). Membiasakan diri untuk istiqomah mengulang hafalan dalam bacaan-bacaan sholat merupakan salah satu cara untuk mempercepat hafalan kita.

  1. Menggunakan Al Qur’an yang sama

Manusia adalah makhluk visual. Kita akan lebih mudah untuk menghafal ketika kita dihadapkan pada bentuk visual yang sama dan konsisten. Untuk menghafalkan Al Qur’an dengan cepat, maka salah satu cara yang dapat mempermudah hafalan kita adalah dengan menggunakan Al Qur’an yang sama. Hal ini tersirat dari firman Allah di surat Yasin ayat 67, di mana Allah SWT menceritakan mengenai ingatan manusia. Para ilmuan menyatakan bahwa otak manusia bekerja seperti kamus dan penerjemah instan, maka di saat kita sering membuka “halaman” yang sama, maka akan semakin mudah bagi kita untuk menghafal Al Quran.

  1. Adanya pendamping dalam menghafal

Untuk menghafal Al Quran dengan cepat, kita harus memiliki pendamping. Rasulullah SAW sendiri memiliki pendamping dalam hafalannya, yaitu malaikat Jibril. Pendamping ini bisa ustadz, guru, orang tua, suami atau istri kita. Diutamakan pendamping ini adalah orang yang sudah hafal Al Qur’an. Jikalau tidak, setidaknya ia dapat membaca Al Qur’an dengan baik dan benar sesuai hukum tajwid. Fungsi dari pendamping ini antara lain sebagai partner kita untuk menyetor hafalan, membetulkan bacaan kita yang salah, dan sebagai motivator kita dalam menghafal. Jika menghafal sendirian tanpa adanya pendamping, seringkali hafalan kita ada yang salah, kurang terkontrol ataupun kita terjebak dalam kejenuhan. Dengan adanya pendamping, maka tujuan kita untuk menghafal Al Qur’an dengan cepat lebih mudah tercapai.

  1. Memiliki Target yang Jelas

Sudah menjadi sifat manusia pada umumnya, jika ia tidak memiliki target, maka hidupnya akan seperti air mengalir. Jika beruntung, maka ia akan jatuh ke dalam mata air. Namun jika tidak, maka ia akan masuk ke dalam parit. Hal yang sama berlaku pada proses menghafal Al Qur’an. Kita harus memiliki target yang jelas. Contoh jika kita ingin menghafal Al Qur’an dalam waktu satu tahun, maka setiap hari kita harus menambah hafalan sebanyak 2 halaman, karena 30 juz Al Qur’an mushaf Usmani  terdiri dari 604 halaman. Dengan adanya target yang jelas, kita bisa mengukur pencapaian kita dan dapat memacu kita untuk menghafal Al Qur’an dengan cepat. Selain itu, apa yang sudah kita targetkan ini harus senantiasa kita doakan sepanjang waktu. Menghafal Al Qur’an adalah persoalan hidayah, dan jika kita hanya membuat target tanpa mendoakan target tersebut, maka target kita akan sulit tercapai.

ahmad kamil menghafal cepat

  1. Kisah Ahmad dan Kamil yang berhasil Menghafalkan Al Qur’an dengan cepat

Muhammad Ghozali Akbar, atau akrab disapa Ahmad, merupakan seorang anak lelaki yatim dari Tegal yang saat ini berusia 11 tahun. Adapun Kamil seorang yatim dari Magelang yang saat ini berusia 12 tahun. Keduanya saat ini belajar di pesantren de Muttaqin Islamic Boarding School Yogyakarta. Ahmad berhasil menghafalkan 30 juz Al Qur’an dalam waktu 8.5 bulan. Sedangkan Kamil menyelesaikan hafalannya selama 6.5 bulan. Ust Ike Muttaqin, yang merupakan ayah asuh keduanya di pesantren de Muttaqin. Menurut beliau, tips untuk bisa menghafalkan Al Qur’an dengan cepat yang paling utama adalah niat yang kuat. Dalam acara Rundwon Ummat Fest 2018 di Makassar, beliau menyampaikan “Yang pertama itu harus ada kemauan. Mau tidak orang tua menjadikan anaknya hafidz, mau tidak anak itu menjadi hafidz. Karena mau adala modal awal menuju keberhasilan” ujar beliau. Tanpa ada niat yang kuat, maka kita tidak akan bisa menghafal Al Qur’an dengan cepat. Selain itu, tips untuk menghafal Al Qur’an dengan cepat adalah istiqomah. Beliau menyampaikan bahwa Kamil dan Ahmad istiqomah untuk melaksanakan muroja’ah sampai 5 juz dalam sehari. Bahkan dalam awal-awal masa selesai menghafal, bisa sampai 15 juz dalam sehari. Maka istiqomah menjadi poin penting bagi kita yang ingin menghafal Al Qur’an dengan cepat.

Semoga Allah meridhoi niat kita dan mempermudah kita dalam menghafalkan Al Qur’an dengan cepat. Aamiin ya Rabb.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *