Keistimewaan Penghafal Al Qur'an

9 Cara Cepat dan Mudah Tahfidz Quran

Tahfidz Quran menjadi bukan hanya sebuah ritual, tapi juga sudah menjalar menjadi sebuah tren yang digandrungi masyarakat pada umumnya. Apalagi menghafal Quran diketahui menjadi pengasah otak yang paling bagus. Dengan kata lain anak yang menghafal Quran juga akan menjadi manusia yang cerdas.

Namun demikian banyak yang bingung bagaimana cara cepat dan mudah menghafal Quran. Banyak metode bertebaran dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Kami merangkum beberapa metode yang mudah untuk dijalankan bagi teman-teman yang ingin menghafal Al Quran di mana saja dan kapan saja.

Inilah 9 cara cepat dan mudah tahfidz Quran.

  1. Banyak Mendengar

Cara paling mudah menghafal quran sebenarnya adalah banyak mendengar. Ibarat lagu kalau sering diputar akan cepat dihafal, begitu juga dengan Al Quran. Dengar saja berulang-ulang ayat yang akan dihafalkan, maka ayat tersebut akan melekat di kepala kita karena sering mendengarkan.

Salah satu alasan mengapa surat al Fatihah juga mudah dihafalkan oleh orang-orang, karena setiap shalat mereka mendengar. Maka surat al Fatihah begitu melekat sekali di kepala setiap umat Islam, meskipun tidak bisa membaca al Quran.

Bahkan Rasulullah SAW sendiri pun ketika diturunkan ayat metodenya adalah mendengar dari malaikat Jibril. Beliau buta huruf pun pada akhirnya mampu menghafalkan. Metode seperti ini biasanya disebut dengan Musafahah Bit Talqin, atau talaqqi langsung dengan lisan. Pesantren Darul Hikam Tahfidz Quran Mojokerto menggunakan metode ini.

Jika Anda memiliki anak kecil, maka metode ini paling tepat.

Tips Tahfidz Quran

  1. Banyak Mengulang

Cara cepat menghafal al Quran selanjutnya adalah dengan cara mengulang-ulang bacaan. Bukan dengan metode satu kali baca mencoba dihafal, bukan demikian. Tapi tahfidz Quran paling sederhana adalah dengan mengulang-ulang ayat yang ingin kita hafalkan sampai kemudian benar-benar terasa menempel di lidah kita.

Kalau ditanyakan berapa kali harus mengulang. Maka tergantung kemampuan masing-masing dalam menghafal. Ada yang mampu dalam jumlah 10 kali, bahkan ada yang harus 30 kali diulang-ulang membacanya baru melekat.

Saran kami Anda terus mengulang sampai lidah sudah otomatis berjalan menghafal. Artinya bisa sampai lima puluh kali, tidak masalah. Ini juah lebih cepat daripada metode langsung menghafal.

Kelebihan metode menghafal al Quran yang demikian adalah tidak mudah lupa akan hafalan.

  1. Target Minimum

Ketika menghafal al Quran, juga harus ada target minimum yang harus diselesaikan. Misalkan satu hari lima baris, atau satu hari sepuluh baris. Target minimum inilah yang benar-benar menentukan bagaimana hafalan yang kita miliki.

Bahkan kalaupun dalam satu hari kita hanya mampu menghafal satu ayat saja, dalam 18 tahun kita sudah mampu menghafal al Quran. Istimewa bukan. Maka tinggal ditarget saja berapa ayat yang harus dihafalkan dalam jangka waktu satu hari. Jika dua ayat, maka 9 tahun kita mampu menghafal Al Quran.

Inilah tips menghafal Quran paling mudah untuk siapa saja yang berniat menghafalnya.

  1. Ada Komunitas

Cara menghafal Quran selanjutnya adalah memiliki komunitas. Bahkan meskipun hanya dengan istri saja, itu artinya ada komunitas dimana bersama-sama menghafal al Quran. Ketika ada komunitas maka akan ada teman yang mengingatkan bilamana kita mulai turun semangatnya. Atau bahkan mulai loyo.

Biasanya, ada yang namanya target hafalan bersama antar komunitas. Contoh sehari tiga ayat, jika tidak menghafal maka akan ada yang namanya hukuman seperti denda atau yang lainnya. Dari sini nanti berkembang semangat untuk terus menghafal Quran.

Kalau Anda sendirian, bisa dijamin, kadang semangat, kadang lupa, terkadang bahkan tidak menghafal sama sekali. Berat, semua yang dikerjakan sendirian akan terasa sangat berat.

Tips Menghafal Quran

  1. Menggunakan Satu Jenis Al Quran

Jangan pernah menghafal Al Quran menggunakan bermacam-macam jenis mushaf al Quran. Itu sama saja bunuh diri karena akan sangat membingungkan. Kepala kita pasti akan mengingat huruf-huruf yang ada di dalam Quran. Permulaan dan titik akhirnya pasti diingat di kepala.

Oleh sebab itu yang harus dijaga adalah jenis mushaf yang dipegang. Kalau satu jenis, kepala akan sangat mudah mengingat. Tapi kalau beberapa jenis, kepala jadi pusing. Maka lebih baik pilihlah satu jenis Quran saja yang bagus sekalian untuk Anda jadikan pegangan hafalan.

Yang paling penting ketika mengingat adalah letak ayat, kemudian akhir ayat, dan huruf bentuknya yang membuat kepala itu langsung

  1. Jangan Menggunakan HP

Zaman sekarang membaca Quran memang mudah. Cukup menggunakan handphone saja. Tinggal buka aplikasi sudah muncul al Quran. Tapi justru membaca Quran di handphone godaannya sangat besar.

Ketika Anda menggunakan handphone, sudah pasti tergoda untuk membuka aplikasi lainnya. Entah media sosial, entah browsing, atau bahkan youtube. Sehingga sedikit-sedikit meninggalkan al Quran. Hasilnya, Anda tidak akan fokus menghafalkan Al Quran.

Oleh sebab itu salah satu hal yang paling dihindari adalah jangan menggunakan handphone untuk tahfidz Al Quran. Tinggalkan saja, gunakan mushaf yang standard dan membuat Anda ingin membukanya lagi dan lagi.

pesantren tahfidz quran
tribunnews.com
  1. Waktu Khusus Tahfidz Quran

Tips tahfidz Quran selanjutnya adalah adanya alokasi waktu khusus untuk tahfidz Quran. Luangkan satu waktu yang selalu bisa dilakukan setiap hari. Biasanya kalau di pondok pesantren seperti Darul Hikam Mojokerto, dua waktu yang wajib untuk tahfidz Quran adalah selepas subuh dan selepas magrib.

Terutama waktu selepas subuh, waktu paling tepat untuk menghafal Al Quran. Saat itu otak belum banyak berpikir, sehingga tidak berat untuk menghafal dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan waktu magrib adalah waktu di antara dua shalat, waktu yang paling tepat untuk menghafal al Quran karena hati sedang tenang.

Jika Anda memiliki waktu, tapi berubah-ubah setiap harinya, juga sangat berpengaruh bagi kemudahan menghafal. Maka luangkan waktu khusus paling tidak satu hari selama satu jam. Sehingga bisa dibagi dua menjadi 30 menitan.

  1. Luruskan Niat Tahfidz Quran

Jika Anda sudah melaksanakan tips tahfidz Quran cepat dari nomor 1 hingga nomo 7, namun demikian belum banyak berhasil, bisa jadi Anda belum lurus niatnya. Maka perbaiki niat. Karena Allah memudahkan orang yang menghafal namun dengan niat yang tulus.

Apakah benar karena lillahi ta’ala atau hanya ingin disebut seorang hafidz, atau hanya ingin ikuti tren saja. Ketulusan niat akan memudahkan seseorang mempercepat proses hafalan yang dimilikinya.

Tips agar anak mengahafal Quran

  1. Didampingi Ustadz

Tips menghafal Quran terakhir dan sangat penting adalah jangan lupa untuk setoran hafalan kepada ustadz atau hafidz. Karena panjang pendek al Quran sangat mempengaruhi arti bacaan. Oleh sebab itu harus benar panjang dan pendek dalam menghafal Quran.

Masalahnya, jika kita menghafal al Quran ternyata salah, maka hafalan salah itulah yang melekat di kepala kita. Kiranya nanti dibetulkan akan sangat sulit. Harus dari awal lagi menghafal. Oleh sebab itu carilah pendamping dari ustadz.

Jika tidak ada, maka minimal ada orang yang mendengarkan dan mengerti tajwid, orang tersebut membuka al Quran dan mendengarkan dengan teliti. Ketika salah jangan lupa untuk langsung mengingatkan, karena beberapa yang menggunakan pola sima’an Quran ada rasa tidak enak untuk membenarkan.

Inilah beberapa tips cepat menghafal al Quran yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah masing-masing. Jika ada pengalaman tentang tahfidz Quran bisa ditulis di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *