7 Pesantren Tahfidz Quran Terbaik di Indonesia

Pesantren Tahfidz Quran Terbaik tersebar di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, bahkan di luar pulau Jawa. Kali ini kami akan membahas pondok pesantren tahfidz Quran terbaik yang ada di Indonesia. Penilaian kami berdasarkan sisi kualitas pendidikan, sistem asrama, dan kualitas alumninya.

1. Pesantren Tahfidz Quran Darul Hikam, Mojokerto, Jawa Timur

pesantren tahfidz quran terbaik di Jawa Timur
Pesantren Tahfidz Quran di Jawa Timur ini fokus pada pembinaan santri putri. Jenjang pendidikannya dari usia selepas SD hingga SMA. Sehingga pesantren tahfidz yang satu ini memang fokus pada jenjang pendidikan dewasa. Oleh sebab itu pesantren ini direkomendasikan bagi perempuan yang ingin menghafalkan Al Quran.

Yang istimewa dari Darul Hikam Mojokerto Jawa Timur ini sesungguhnya bukan pada kecepatan dalam menghafal Al Quran. Waktu yang dibutuhkan menghafal di pesantren ini kisaran 3 hingga 4,5 tahun. Artinya waktu yang sangat standard untuk menghafal al Quran bagi semua orang. Keistimewaannya adalah keseimbangan pendidikan antara tahfidz dan umum.

Darul Hikam Mojokerto memiliki sekolah SMA dengan kualitas cukup baik di wilayah Jawa Timur, pernah mendapatkan penghargaan dari diknas mendapatkan nilai tertinggi, juga pernah menjuarai kejuaraan robotic tingkat Asia di Jepang.

Keistimewaan selanjutnya dari segi fasilitas. Menurut kami, untuk jenjang dewasa, Darul Hikam Mojokerto adalah pesantren tahfidz putri dengan fasilitas layaknya boarding school modern saat ini. Dengan ranjang bertingkat, ruangan dipenuhi pendingin ruangan, juga fasilitas olah raga semacam kolam renang berjarak 1 kilometer dari asrama. Oleh sebab itu kami masukkan Darul Hikam Mojokerto sebagai salah satu pesantren pesantren tahfidz putri terbaik di Indonesia.

2. Pesantren Tahfidz Quran Terbaik Yanbu’ul Quran, Kudus

Pesantren Tahfidz Quran Terbaik di Jawa TengahBerbicara mengenai pesantren Yanbu’a, maka kita tidak bisa menyingkirkannya sebagai pesantren tahfidz Quran terbaik di Indonesia. Yanbu’a seperti layaknya pesantren Gontor untuk seluruh model pesantren modern, atau Sidogiri untuk mayoritas pesantren salaf. Yanbu’a adalah sumber tahfidz di Indonesia dan menjadikan Kudus sebagai kota santri penghafal Quran.

Namun ada yang untuk dewasa, yang istimewa dari Yanbu’a adalah untuk jenjang pendidikan anak-anak seusia SD. Di pondok ini tidak berbicara kecepatan, namun kualitas yang menjadi jaminan. Oleh sebab itu jika ingin mencari guru tahfidz, sudah hampir dipastikan rujukan banyak pondok pesantren adalah Yanbu’ul Quran, Kudus.

Berdekatan dengan lokasi wisata religi sunan Kudus, pondok ini layaknya pesantren salaf yang ada di Jawa Tengah, kesederhanaan cukup terasa. Namun fokus dalam pendidikan al Quran juga sangat terasa sekali. Sehingga Yanbu’ul Quran layak dijadikan pesantren tahfidz quran terbaik di Jawa Tengah, bahkan di Indonesia.

3. Pesantren Tahfidz Quran Terbaik 77, Bone

Pesantren Tahfidz Quran Terbaik di SulawesiPondok tahfidz 77 sebenarnya adalah nama desa tempat pondok pesantren tersebut. Namun orang terlanjur jatuh cinta pada nama 77, layaknya Gontor yang sebenarnya memiliki nama Darussalam. Oleh sebab itu pesantren tahfidz 77 di luar Jawa cukup dikenal.

Keistimewaan dari pesantren ini sesungguhnya terletak pada perpaduan tahfidz dengan kurikulum KMI. Atau kurikulum khas pesantren modern yang fokus pada aspek pendidikan kemandirian dan pembekalan kunci-kunci ilmu seperti ushul fiqh, bahasa Arab dan Inggris, juga lain sebagainya. Padahal kurikulum ini dikenal memiliki kepadatan waktu yang luar biasa, sehingga pesantren ini cukup istimewa.

Memang perkembangan pesantren ini tidak sepesat pesantren-pesantren modern pada umumnya, namun secara kualitas tahfidz, pesantren tahfidz Quran 77 adalah salah satu yang terbaik di antara banyak pesantren tahfidz di Indonesia. Di pondok ini lagi-lagi bukan kecepatan waktu yang menjadi jaminan, tapi lebih kepada kualitas hafalan. Oleh sebab itu kami masukkan dalam salah satu pesantren tahfidz Quran terbaik di Sulawesi bahkan di Indonesia.

4. Pesantren Tahfidz Quran Terbaik Al Aziziyah, Mataram

Pesantren Tahfidz Quran Terbaik di NTBBagi Anda yang berada di wilayah Nusa Tenggara Barat, Anda dapat menemukan pondok pesantren yang tak hanya fokus dalam mencetak tahfidz, namun juga mencetak ulama. Pesantren Al Aziziyah, namanya.

Pondok Pesantren Al-Aziziyah berlokasi di Dusun Kapek Desa Gunung Sari Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat sudah tidak asing lagi bagi masyarakat di NTB. Kehadirannya ditengah masyarakat pada 3 November 1985 didirikan oleh almarhum TGH Mustafa Umar Abdul Aziz. Ponpes ini memang dihajatkan untuk tahfidz.

Sampai usia ke-33 tahun ini, Al-Aziziyah telah mencetak ribuan penghafal AlQuran yang tersebar di Indonesia termasuk di luar negeri. Sebagai contoh, Ustadz Fathul Aziz Musthafa Umar salah seorang guru di ponpes yang dulunya menjadi santri pernah menjadi juara tahfidz internasional di Makkah tahun 1988. Selain itu banyak santri yang menggondol juara dalam acara MTQ tingkat nasional. Bahkan ponpes ini selalu menjadi barometer pemerintah daerah untuk mengirimkan wakilnya dalam lomba tahfidz dan tafsir AlQuran.

Saat ini santrinya sebanyak 2.375 orang terdiri seribu santri putra dan 1.375 santriwati. Dalam setiap membuka pendaftaran, masyarakat yang mendaftarkan anak-anaknya mecapai 800 hingga 1000 calon. Oleh sebab itu kami masukkan dalam pesantren tahfidz Quran terbaik di Mataram, juga di Indonesia.

5. Pesantren Tahfidz Quran Terbaik Hidayatul Quran, Kaliwungu

Kaliwungu adalah salah satu kota yang dikenal dengan pesantren tahfidznya. Salah satunya adalah Hidayatul Quran. Untuk mewujudkan santri penghafal Al Quran, pesantren ini memiliki kurikulum khusus, seperti : Kurikulum Al Quran dan Kurikulum Tarbiyah.

Kurikulum Al Quran mempunyai tiga program yang membuat santri semakin fokus untuk menghafal Al Quran. Tiga program tersebut ialah Program Takhtimul Quran, Tahfizhul Quran, dan Tafhimul Quran.

Program Takhtimul Quran merupakan program Al Quran pertama yang dijalankan para santri. Santri tidak diizinkan untuk mengikuti tahfizh sebelum selesai mengkhatamkan Al Quran hingga 30 Jus dengan binadzor.

Sedangkan program kedua yaitu Tahfizhul Quran. Program ini memiliki alokasi waktu paling banyak yang terbagi dalam 4 waktu; pertama, setelah sholat Subuh yang digunakan untuk mengaji. Kedua, setelah sholat Dhuhur digunakan untuk menyiapkan setoran hafalan di waktu malam hari. Selanjutnya setelah sholat Ashar santri diharuskan mengulang hafalan yang sudah mereka hafalkan sebelumnya. Dan setelah sholat maghrib, digunakan untuk menyiapkan setoran hafalan selanjutnya.

Program ketiga dalam kurikulum Al Quran yaitu Tafhimul Al Quran. Program ini merupakan penyempurna dari Program tahfizh yang diisi dengan pengajian Tafsir Al Quran. Dengan program ini diharapkan para santri Hidayatul Quran Kaliwungu dapat memahami dan menghayati hafalan Al Quran yang sudah mereka setorkan.
Pesantren ini memang istimewa dalam menghasilkan penghafal Quran sekaligus yang memahami makna al Quran. Oleh sebab itu kami masukkan dalam salah satu pesantren tahfidz Quran terbaik di Indonesia.

6. Pesantren Tahfidz Quran Terbaik Sulaymaniya, Indonesia

Sulaymaniya kami tulis dengan daerah Indonesia karena memiliki banyak cabang di Indonesia. Pesantren ini memiliki afiliasi dengan Turki, metode menghafalnya pun sangat berbeda dengan pesantren yang sudah kami sebutkan sebelumnya. Sulaymaniya memiliki metode yang disebut metode Usmani.

Yaitu dengan cara menghafal lembar paling belakang setiap juz, kemudian maju ke depan. Dengan demikian yang menghafal di pesantren ini lebih cepat. Antara 1 hingga 2 tahun standard, paling lama tiga tahun.

Pesantren tahfidz Sulaymaniya memiliki keistimewaan ada proyeksi kelanjutan pendidikan di Turki, selain itu pendidikan di pesantren ini gratis, tidak dipungut biaya. Oleh sebab itu seleksinya ketat. Kerjasama dengan kemenag menjadikan jaringannya luas, seperti layaknya Insan Cendekia Mandiri yang dipelopori oleh BJ. Habibie.

Usia masuk tidak boleh lebih dari 19 tahun, tapi juga tidak boleh lebih muda dari 14 tahun. usia ini adalah puncak-puncaknya pertumbuhan. Oleh sebab itu yang dihasilkan cukup berhasil. Meskipun mayoritas putra, beberapa juga ada yang putri. Sehingga pesantren ini menjadi salah satu pesantren tahfidz Quran terbaik yang ada di Indonesia.

7. Pesantren Tahfidz Quran Terbaik De Muttaqin, Yogyakarta

Masih ingatkah dengan Jawara Hafiz Indonesia 2017 yang diadakan RCTI setiap bulan Ramadan? Ya mereka adalah Ahmad yang berhasil meraih Juara 1 dan Kamil meraih juara 3. Dan mereka adalah termasuk salah satu santri di pesantren de Muttaqin (Islamic Boarding School).

Terletak di Sleman, pesantren ini memang fokus pada pendidikan anak-anak. Bisa dikatakan keistimewaan dari pesantren ini adalah jaminan kecepatan menghafal yang diberikan untuk anak-anak. Padahal mendidik anak kecil bukanlah perkara yang mudah.

De Muttaqin (Islamic Boarding School) menerapkan kurikulum integral berbasis lingkungan. Indikasi keberhasilan belajar tidak hanya dilihat dari angka-angka, melainkan perubahan pemikiran, sikap, dan perilaku anak didik.

Dengan membawa visi menjadi pusat pendidikan insan yang bertaqwa, unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mampu bersaing di era global. Menghafal Al Quran dan pendidikan akhlak merupakan mata pelajaran utama di pesantren De Muttaqin. Kedua pelajaran ini memiliki porsi paling banyak. Sebab, keduanya merupakan pilar utama pembentuk insan santri-santri De Muttaqin.

Inilah beberapa pesantren tahfidz terbaik di Indonesia. Jika ada usul pesantren tahfidz Quran terbaik bisa dicantumkan di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *