pesantren tahfidz quran

5 Jenis Sekolah dan Pesantren Tahfidz Quran di Indonesia

Pesantren tahfidz Quran menjadi tren setelah ditayangkan di televisi. Program tahfidz Quran menghiasi hampir banyak lembaga pendidikan. Bahkan muncul pesantren tahfidz terbaik atau sekolah tahfidz terbaik di beragam website dan menjadi incaran wali murid. Jamur program tahfidz pada akhirnya tumbuh di Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, dan luar Jawa, seluruh Indonesia.

Namun demikian, harus diketahui pula jenis-jenis sekolah dan pesantren tahfidz Quran di Indonesia. Berikut kami sajikan beberapa jenis sekolah dan pesantren tahfidz Quran di Indonesia.

1. Pesantren Khusus Tahfidz Quran

Yang pertama memiliki basis pendidikan pondok pesantren murni. Harus dibedakan juga pondok pesantren tahfidz itu salaf atau modern. Tandanya bisa dilihat dari sistem pembelajaran. Salaf biasanya tersentral di guru dengan model kelas klasik. Kalau modern lebih kepada unsur disiplin dan kepemimpinan.

Pesantren khusus tahfidz Quran bukan berarti tidak sekolah, tetap ada sekolah. Namun yang perlu digaris bawahi adalah, unsur sekolahnya tidak menjadi perhatian utama. Bisa dilihat dari jam pembelajaran. Kalau khusus tahfidz, hampir semua jam di luar sekolah digunakan untuk tahfidz Quran. Untuk belajar formal, hanya pagi dan sedikit waktu malam saja. Biasanya dengan pola demikian santri mampu menghafal antara 3-6 tahun.

Contoh untuk pesantren yang seperti ini adalah Muqaddasah Ponorogo. Tahfidznya tidak melepaskan unsur pendidikan formal, meski bukan menjadi perhatian utama. Biasanya yang banyak pertanyaan adalah kualitas pendidikan formalnya turun. Jawaban kami, tidak juga, karena ternyata kebiasaan menghafal, membuat anak bisa belajar mandiri dengan tekun.

2. Pesantren Tahfidz Klasik

Pesantren tahfidz Quran yang kedua adalah pesantren khusus tahfidz tapi tanpa sekolah. Istilahnya siswa yang hadir ke pesantren tahfidz Quran tidak ada pikiran untuk sekolah formal. Hanya fokus tahfidz saja. Dari pagi hingga malam tidak mengerjakan hal lain selain tahfidz Quran. Pesantren tahfidz seperti ini sangat menguntungkan secara waktu. Biasanya waktu untuk menghafal Quran bisa 2-4 tahun saja. Setiap anak tidak akan diberikan ijazah kecuali yang mampu menghafal hingga 30 juz.

Yang masuk sekolah pesantren model ini, banyak juga. Biasanya anak dari orang tua yang sangat mementingkan tahfidz. Pendidikan formal hanya ditempuh lewat jalur pendidikan paket, paket A atau paket B. Model ini juga dicari calon mahasiswa yang biasanya ingin istirahat terlebih dahulu, atau wisudawan yang tidak ingin kerja terlebih dahulu.

Pesantren tahfidz model ini juga menjadikan santrinya tidak terikat secara sistem pesantren. Bisa jadi dia hanya setor saja pada waktu yang ditentutakn. Atau istilah lainnya santri kalong. Contoh seperti di Kudus untuk jenjang dewasa.

3. Pesantren Tahfidz Quran dan Pendalaman

Jika anak Anda ingin menjadi ahli al Quran, lebih baik masuk pondok pesantren tahfidz quran jenis ini. Pesantren tahfidz quran ini memiliki tahapan panjang. Dari awal masuk biasanya harus mengkhatamkan al Quran di depan ust. Artinya semua bacaan al Quran dari juz 1 hingga juz 30 harus sudah benar. Baru dilanjutkan dengan program tahfidz.

Program tahfidz yang dilaksanakan pun sangat ketat dan fokus. Biasanya identitas dari pesantren tahfidz Quran yang demikian adalah pendampingan intensif dari ustadz kepada santri begitu baik. Hasil hafalan Quran pun secara waktu bisa cepat, tapi jarang yang sangat lambat.

Tidak cukup hanya menghafal Quran, selepas menghafal Quran ada materi pendalaman al Quran. Biasanya dalam tafsirnya. Sehingga dari pesantren ini lahir santri yang fasih, hafal al Quran, sekalian mengetahui ilmu al Quran luar dan dalam. Setahu kami pesantren seperti ini salah satunya di Kaliwungu daerah Kendal Jawa Tengah. Dulu yang terkenal alumninya di Jawa Tengah adalah KH. Abu Suud, dari daerah Tegal.

4. Pesantren Plus Tahfidz Quran

Pesantren plus tahfidz Quran adalah pondok pesantren modern atau klasik yang di dalamnya ada program tahfidz Quran namun tidak menjadi program utama. Biasanya, hanya sebagai pelengkap dan jumlah tahfidznya hanya berkisar sekian juz dalam setahun. Atau lima juz dalam setahun. Ini menjadi tren sekarang. Atau memiliki prinsip, paling tidak bisa hafal 5 juz selama berada di pondok pesantren.

Jika Anda mengharapkan anak hafal quran, maka pondok pesantren tahfidz jenis ini bukanlah yang tepat. Karena pesantren dengan model seperti ini tetap mementingkan unsur pendidikan agama Islam, seperti hadist, fiqh, bahasa, dan pendalaman kitab kuning atau sejenisnya. Sehingga tahfidz bukan menjadi fokus utama. Meskipun seringkali tidak khatam hingga 30 juz, namun pesantren tahfidz Quran seperti ini tetap cocok bagi mereka yang ingin masuk pondok pesantren sekaligus sedikit menghafal Quran.

5. Sekolah Plus Tahfidz Quran

Ini yang sedang menjadi trending sekarang. Sekolah asrama atau lebih dikenal dengan sekolah boarding school. Ini bukan pondok pesantren klasik atau modern. Tapi kepanjangan tangan dari sekolah Islam full day school. Ciri-cirinya biayanya biasanya lebih mahal dari sekolah-sekolah pada umumnya. Ciri selanjutnya adalah fokus utama lebih kepada akademik formal dan biasanya dalam pendidikan IPA. Unsur Islam bukan sebagai ilmu, namun lebih kepada pengamalan.

Ciri paling jelas bisa dilihat dari fasilitas. Fasilitas yang disediakan biasanya di atas rata-rata. Satu kamar hanya untuk empat orang, kamar mandi di dalam, ada kolam renang, bahkan ada pendingin ruangan. Kenyamanan menjadi unsur lebih penting yang ditawarkan oleh pihak sekolah. Oleh sebab itu seringkali orang salah paham bahwa ini masuk dalam kategori pondok pesantren tahfidz, padahal hanyalah sekolah dengan kelebihan program tahfidz Quran saja. Biasanya antara 3-10 juz dalam 3 tahun.

Jika Anda menginginkan anak dididik intensif dalam hal IPA namun ada unsur tahfidznya, maka sekolah plus tahfidz Quran seperti ini cocok. Tentu saja dengan biaya yang tinggi.

Inilah beberapa jenis pesantren tahfidz Quran, atau sekolah tahfidz Quran yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk melanjutkan jenjang pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *