pesantren tahfidz quran dewasa

Pesantren tahfidz quran SMP dan SMA | Darul Hikam

Pesantren tahfidz quran SMP dan SMA menjadi destinasi yang paling banyak dicari untuk pesantren tahfidz quran baik putra maupun putri. Apalagi di Indonesia rata-rata anak masuk pondok pesantren di usia tersebut. Kali ini akan membahas Darul Hikam Tahfidz Quran Mojokerto.

Darul Hikam merupakan pesantren yang terletak di wilayah Mojokerto Jawa Timur. Pesantren ini memiliki identitas tahfidz quran yang sangat kental. Hal ini karena pimpinan pesantren, KH. Masruhan Choteb adalah seorang hafidz, dan imam resmi masjid di Singapura.

Prestasinya juga cukup mentereng, menjuarai robotik tingkat asia di Jepang pada tahun 2017, serta pernah menjadi salah satu sekolah dengan nilai UN tertinggi pada tahun 2015.

Pesantren Tahfidz Quran SMP dan SMA

Darul Hikam adalah pesantren tahfidz Quran SMP dan SMA. Di pesantren ini tidak banyak menerima santri usia dini, hanya ada sekolah formal biasa. Adapun semua santri yang masuk SMP dan SMA memiliki kewajiban tahfidz Quran dengan standard yang sudah ditentukan.

pesantren tahfidz quran smp dan smaSetiap anak yang masuk pesantren akan diuji terlebih dahulu kemampuan membaca al Quran. Bila belum cukup baik, akan masuk di grup tahsin terlebih dahulu. Tapi bukan berarti tidak bisa membaca Quran. Membaca Quran tapi belum sesuai standard tahfidz.

Bila sudah sesuai standard tahfidz, barulah kemudian dikelompokkan menjadi beberapa kelompok tahfidz al Quran. Semuanya wajib tanpa terkecuali. Pola demikian sangat cocok sebagai pesantren tahfidz Quran SMP dan SMA.

Kelompok pertama adalah tahfidz Quran wajib. Setiap santri dalam satu semester harus hafal ½ hingga 1 juz. Caranya, ada satu jam pelajaran di kelas yang digunakan untuk menghafal al Quran. Waktunya jam pertama.

Metode Tahfidz Quran di Darul Hikam

Di dalam kelas akan ada guru yang membimbing hafalan. Guru menghafal satu atau dua ayat, santri menirukan hafalannya. Sehingga santri tidak terasa menghafal. Satu tahun sangat minimal mampu menghafal satu juz. Metode demikian disebut dengan musyafahah bit talqin.

Metode tahfidz al Quran seperti layaknya Rasulullah Muhammad SAW menirukan apa yang diucapkan oleh malaikan Jibril. Selepas magrib setiap santri akan menyetorkan hafalannya kepada guru tahfidz Quran.

Kelompok kedua yaitu tahfidz intensif. Yang membedakan adalah jumlah juz yang dihafal. Jika sudah masuk kelompok ini, artinya kemampuan menghafal sudah bagus. Setiap semester diwajibkan menghafal 1-2 juz al Quran. Ini berlaku untuk semua siswa SMP dan SMA. Oleh sebab itu Darul Hikam adalah pesantren tahfidz Quran SMP dan SMA.

Setiap siswa yang masuk kelas intensif, dalam tiga tahun mampu menghafal minimal enam juz. Tapi rata-rata ketika kami wawancara, mampu menghafal 9 juz. Tidak sulit karena sudah dikondisikan di pesantren ini.

Pesantren Khusus Tahfidz Quran

Satu kelompok tahfidz Quran terakhir adalah kelompok takhassus, kelompok khusus tahfidz Al Quran. Di kelompok ini santri memang berniat sekolah sekaligus menghafal al Quran. Sehingga kegiatannya hanya dua, sekolah formal dan menghafal al Quran.

Dalam kurikulum tahfidz Quran di Darul Hikam, setiap siswa akan mampu menghafal Quran 30 juz dalam jangka waktu 4 tahun. Di kelas ini, santri akan didampingi khusus oleh KH. Masruhan Choteb sebagai hafidz yang memiliki sanad. Jika ingin melihat pimpinan pondok ketika mengimami shalat isya bisa melihat videonya di sini.

Nantinya persemester setiap santri akan mendapatkan ijazah hafalan sebagai syarat untuk mendapatkan raport pendidikan formal. Jika tidak memenuhi, akan ada sangsi khusus. Untuk biaya tidak mahal dibandingkan pesantren lain atau boarding school yang sampai puluhan juta. Bisa baca di link cara pendaftaran di pesantren Darul Hikam.

Untuk informasi, bisa menghubungi ustadzah Iin di nomor 0821-4016-6166.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *